Buah Kundur, Ketahui Nutrisi, Manfaat, dan Saran Penyajiannya

Buah Kundur, Ketahui Nutrisi, Manfaat, dan Saran Penyajiannya
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Buah kundur adalah buah yang mirip timun suri dan sering diolah menjadi sayur bening di berbagai daerah di Indonesia. Buah kundur mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari mencegah infeksi bakteri hingga menurunkan risiko terjadinya diabetes.

Buah kundur berbentuk lonjong, berwarna hijau, dan berair. Buah kundur sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda. Hal ini karena buah kundur mengandung beragam nutrisi yang dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan.

Buah yang memiliki nama latin Benincasa hispida ini lebih banyak tumbuh di wilayah Asia, salah satunya Indonesia. Di beberapa daerah, buah ini dikenal dengan nama yang berbeda, seperti buah labu abu, buah konduru, maupun buah sudeng.

Nutrisi dalam Buah Kundur
Hampir 94 persen kandungan buah kundur adalah air. Oleh karena itu, buah ini tergolong rendah kalori. Dalam seporsi atau sekitar 100 gram buah kundur, terkandung 22 kalori dan berbagai nutrisi berikut ini:

4,7 gram karbohidrat
1,3 gram serat
0,4 gram protein
200 miligram kalium
54 miligram fosfor
3 miligram kalsium
1 miligram vitamin C
Buah kundur juga mengandung zat besi, zinc, beta karoten, dan vitamin B, walau dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Sementara jenis antioksidan yang terkandung dalam buah kundur adalah flavonoid, karoten, dan polifenol.

Buah Kundur dan Manfaatnya
Berkat kandungan nutrisi yang cukup melimpah, ada banyak manfaat buah kundur yang bisa diperoleh, di antaranya:

1. Mencegah dan mengatasi infeksi
Sifat antibakteri yang dimiliki oleh buah kundur membuat buah ini bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri di dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah ini dapat melawan berbagai bakteri penyebab infeksi, seperti Salmonella typhi dan Escherichia coli.

2. Mencegah sembelit
Konsumsi buah kundur secara rutin baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan serat larut yang dapat membantu melancarkan buang air besar, sehingga mencegah Anda mengalami sembelit.

3. Mencegah tukak lambung
Serat larut juga berperan sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Nah, jumlah bakteri baik yang normal dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan risiko gangguan pencernaan, seperti sakit maag hingga tukak lambung.

4. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat lainnya dari buah kundur yang tidak kalah penting adalah menyehatkan kulit. Buah kundur mengandung vitamin C, nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Produksi kolagen yang optimal akan membuat kulit lebih kenyal serta terhindari dari kerutan.

Tak hanya itu, buah kundur juga kaya akan antioksidan yang berperan penting untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menurunkan risiko terjadinya diabetes
Selain merusak kulit, radikal bebas juga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, termasuk diabetes. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut adalah dengan mengonsumsi buah kundur.

Ini karena buah kundur mengandung polifenol yang berperan dalam menangkal efek paparan radikal bebas. Dengan begitu, sel-sel di dalam tubuh tidak mengalami kerusakan dan risiko terjadinya diabetes juga bisa berkurang.

6. Mencegah penyakit jantung
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah kundur dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada hewan percobaan. Berkat penelitian tersebut, buah ini juga digadang-gadang dapat mengatasi peradangan pada manusia yang dapat memicu terjadinya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Meski begitu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas buah kundur dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada manusia.

Saran Penyajian Buah Kundur
Jika Anda ingin merasakan berbagai manfaat kesehatan dari buah kundur, terdapat beberapa cara praktis untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

Cara yang paling umum adalah mengolah buah kundur menjadi jus. Anda disarankan untuk tidak menambahkan gula agar berbagai manfaat buah kundur dapat dirasakan secara maksimal. Meski begitu, Anda bisa menggunakan perasan jeruk lemon atau madu untuk menambah cita rasa.

Buah kundur juga dapat diolah menjadi sayur bening, sup, ditumis, atau ditambahkan sebagai campuran salad. Mengonsumsi salad yang terdiri dari campuran sayur dan buah, termasuk buah kundur, bermanfaat untuk mencukupi asupan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain diolah menjadi beberapa makanan dan minuman, buah kundur juga bisa dimakan secara langsung. Daging buah ini diketahui memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang mirip dengan mentimun. Pastikan Anda mengupas kulitnya terlebih dahulu dan memotongnya kecil-kecil agar mudah untuk dikonsumsi.

Itulah beragam nutrisi, manfaat, dan saran penyajian buah kundur. Jika Anda ingin mengonsumsi buah kundur secara rutin untuk tujuan kesehatan, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, terlebih jika memiliki beberapa gangguan kesehatan.

Dokter nantinya akan memberikan saran mengenai takaran buah kundur yang tepat, sesuai dengan kondisi Anda.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index