Sementara Ini, Riau Masih Pemuncak Klasemen Porwil Sumatera XI

Sementara Ini, Riau Masih Pemuncak  Klasemen Porwil Sumatera XI

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kontingen Provinsi Riau, masih jadi pemuncak pada klasemen Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI. Atlet Riau berhasil menambah 7 medali emas di hari kedua pertandingan. 

Cabang olahraga renang masih menjadi andalan Riau dalam menambah pundi-pundi medali emas Riau dengan kembali menyumbangkan 4 emas. 

Selain itu, cabor atletik ikut menambah dua medali emas, begitu juga dengan cabor barongsai kembali menambah 1 medali emas. 

Dengan tambahan 7 medali emas total torehan medali Provinsi Riau menjadi 15 medali emas 7 perak dan 7 perunggu. Tambahan medali Perak Riau berasal dari cabor renang 3 perak dan cabor barongsai ikut menambah 1 perak. 

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin turut menyaksikan beberapa pertandingan. Ia berharap tren positif perolehan medali emas setiap harinya bisa terus bertambah, terutama cabor andalan Riau seperti renang, atletik, dan barongsai. Termasuk cabor yang belum meraih medali dan masih dalam tahap babak penyisihan, seperti Wushu, dan catur.

“Alhamdulillah, cabor renang masih menjadi andalan kita dalam menyumbangkan medali emas. Hingga saat ini sudah 7 medali emas yang diraih dari target 10 medali emas. Begitu juga dengan cabor barongsai sudah menyumbangkan 3 medali emas. Atletik juga kita harapkan bisa mencapai target medali emas,” ujar Iskandar Hoesin. 

“Cabor lain yang belum menyumbangkan medali emas masih bertanding, Insha Allah hari ini, cabor lain seperti Wushu, Catur ikut menyumbangkan medali, mari sama-sama kita dukung atlet-atlet Riau yang bertanding,” harap Iskandar Hoesin.

Sementara itu, Sekretaris Aquatik Indonesia (AI) Riau, Akmal menambahkan, dengan tambahan 4 medali emas di hari kedua ini, cabang renang Riau untuk sementara telah mengoleksi 9 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu. 

Pihaknya sudah memprediksi bahwa hasil yang didapatkan oleh Atlet renang  Riau pada hari ini. Namun, dari prediksinya ada satu yang meleset, karena satu andalan Atlet renang Riau, Vanessa mengalami kelelahan.

"Alhamdulillah, hari ini kita mendapatkan tambahan 4 emas, 3 perak dan 1 perunggu.  Sampai hari kedua renang sudah berhasil mengantongi 9 emas. Vanessa turun 4 kali di hari ini, tapi Alhamdulillah dia berhasil mengantongi 2 emas dan 1 perak di hari ini,” ujar Akmal. 

Dijelaskan Akmal, untuk medali emas pertama di persembahkan oleh  M Ricky Pratama Wirahadi Putra di nomor 200 meter gaya bebas putra. Selanjutnya Anandia Treciel Vanessa Evatoh menyumbang 2 medali emas, pertama dinomor 50 meter gaya kupu-kupu putri dan 100 meter gaya dada putri. Emas keempat dipersembahkan oleh Faizhal Dewantara dari nomor 100 meter gaya dada putra.

Sementara itu 3 perak masing-masing diraih oleh Lovely Quinsha di nomor 200 meter gaya bebas putri, Dimas Prayugo di nomor 200 meter gaya bebas putra. Lalu, dari nomor 4 x 100 meter putri yang bermaterikan Fany Rahmadani Putri, Lovely Quinsha, Diva Anggaraini dan Anandia Treciel Vanessa Efatoh. Sedangkan 1 perunggu dipersembahkan oleh Ageng Aulia Putri Umarindaru yang turu. di nomor 100 meter gaya dada putri.

Sementra itu, untuk dua medali emas Riau dari Atletik dipersembahkan oleh Mentari Pratiwi, yang turun di nomor 100 meter lari gawang, dengan catatan waktu 14.98 detik. Medali perak diraih atlet Bangka Belitung, Rohimayati dan medali perunggu Nabela dari Provinsi Lampung. Untuk emas kedua dari atletik disumbangkan pelari putra Riau Dedi Hermawan, yang turun di nomor dasa lomba. Medali perak diraih atlet dari Bengkulu Sumitro, dan medali perak dari Provinsi Jambi, Ardiyansah. 

“Alhamdulillah emas pertama dari atletik berhasil kita raih, dari atlet putri kita Mentari dan atlet putra Dedi Hermawan. Selain medali emas, satu medali perunggu berhasil dipersembahkan Elisar Gamashi, yang turun di nomor lari 3.000 meter,” ujar manajer tim atletik Riau, Saparudin. 

Atletik sendiri menargetkan 8 medali emas pada pelaksanaan Porwil Sumatera XI. Target realistis dari 37 nomor yang di pertandingankan. “Mudah-mudahan target delapan medali emas bisa kita capai, masih banyak nomor pertandingan yang akan di pertandingkan,” jelasnya. 

Untuk diketahui, klasemen sementara Porwil Sumatera XI, Provinsi Riau berada di posisi puncak dengan torehan 14 medali emas, 7 perak dan 7 perunggu. Posisi kedua Provinsi Bangka Belitung dengan torehan 12 medali emas, 8 perak dan 8 perunggu. Disusul posisi ketiga Sumatera Barat 8 emas, 12 perak dan 3 perunggu. Posisi keempat Sumatera Selatan 8 emas, 10 perak dan 3 perunggu.

Posisi kelima Lampung dengan torehan 4 medali emas, 2 perak dan 6 perunggu. Posisi kelima Kepulauan Riau 2 emas, 2 perak dan 9 perunggu. Posisi keenam Bengkulu dengan torehan 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Sedangkan di posisi kedelapan Provinsi Jambi dengan torehan 2 perak, dan 6 perunggu. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index