Obat Campak Paling Ampuh untuk Redakan Gejala

Obat Campak Paling Ampuh untuk Redakan Gejala
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Obat campak bermanfaat untuk meredakan gejala penyakit campak, seperti demam dan pegal linu. Penggunaan obat campak juga bisa mengurangi risiko munculnya gejala yang berat dan komplikasi akibat penyakit tersebut.

Campak atau measles merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dari famili Paramyxovirus. Selain demam dan pegal linu, penyakit campak dapat menimbulkan keluhan sakit tenggorokan, batuk pilek, mata merah dan berair, diare, dan ruam merah di sekujur tubuh.

Campak dapat sembuh sendiri dalam 7–10 hari. Namun, gejala yang timbul bisa sangat tidak nyaman. Pada beberapa orang, campak bisa menimbulkan gejala berat dan komplikasi serius, seperti pneumonia hingga meningitis. Pada kondisi tersebut, obat campak diperlukan untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi.

Pilihan Obat Campak Terbaik
Obat campak bisa berupa obat penurun demam atau obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen. Suplemen vitamin A juga bisa digunakan sebagai obat campak untuk mencegah timbulnya gejala berat dan komplikasi.

Sediaan obat campak sangat beragam, mulai dari tablet, suspensi cair, sirop, kapsul lunak, hingga sediaan enema. Obat ini biasanya dijual bebas.

Berikut adalah beberapa produk obat campak yang ampuh:

Sanmol Tablet

Harga: Rp2.404–2.860 per strip
Beli Sanmol 500 mg Tablet di Aloshop
Beli Sanmol Forte 650 mg Tablet di Aloshop

Sanmol efektif menurunkan demam dan meredakan pegal-pegal saat terjadi campak. Sanmol Tablet mengandung paracetamol. Obat ini bekerja langsung pada pusat pengaturan nyeri dan suhu di otak. Cara kerja ini akan meredakan sakit dan menurunkan suhu tubuh saat terjadi demam.

Sanmol sediaan tablet dijual dalam dua varian, yaitu Sanmol Tablet 500 mg untuk dewasa dan anak usia >6 tahun, serta Sanmol Forte Tablet 650 mg untuk dewasa dan anak usia >12 tahun. Sebagai obat campak, Sanmol bisa dikonsumsi 3–4 kali sehari.

Panadol Sirup

Harga: Rp33.990-66.358 per botol
Beli Panadol Sirup 30 ml di Aloshop
Beli Panadol Sirup 60 ml di Aloshop

Panadol sediaan sirup bagus digunakan sebagai obat campak untuk anak-anak. Kandungan paracetamol dalam Panadol Sirup berfungsi sebagai analgetik-antipiretik. Dengan obat ini, demam dan pegal-pegal yang menyebabkan anak rewel saat mengalami campak bisa berkurang.

Panadol Sirup tersedia dalam kemasan botol 30 ml dan 60 ml. Obat campak ini ditujukan untuk anak usia 1 tahun atau lebih. Panadol Sirup bisa diberikan 3–4 kali sehari. Agar dosisnya akurat, gunakan alat takar yang disertakan dalam kemasan.

Tempra Drops

Harga: Rp57.090 per botol
Beli Tempra Drops 15 ml di Aloshop

Tempra sediaan drops atau tetes dapat dimanfaatkan sebagai obat campak untuk bayi karena paracetamol di dalamnya ampuh meredakan demam dan nyeri. Obat ini juga lebih mudah digunakan pada bayi karena bentuknya yang tinggal diteteskan.

Tempra Drops diperuntukkan bagi bayi usia 3 bulan atau lebih. Sebagai obat demam saat campak, Tempra Drops diberikan tiap 4 jam dengan maksimal pemberian 5 kali dalam sehari. Gunakan pipet yang disertakan dalam kemasan supaya dosisnya tepat.

Dumin Enema

Harga: Rp36.850 per tube
Beli Dumin 250 mg/4 ml Rectal di Aloshop

Dumin sediaan enema bisa dipakai untuk mengatasi demam, serta nyeri otot dan sendi yang menyertai campak. Obat ini berisi paracetamol yang memengaruhi pusat pengaturan suhu dan nyeri di otak agar demam dan nyeri mereda.

Dumin Enema dikemas dalam tube isi 4 ml yang dapat digunakan oleh dewasa dan anak usia 1 tahun atau lebih. Obat ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam dubur sesuai dosis dan petunjuk pada kemasan. Bentuk enema dapat memudahkan pemberian obat pada anak yang sedang menangis atau tidak suka minum obat.

Ibuprofen Suspensi

Harga: Rp32.749 per botol
Beli Ibuprofen 100 mg Suspensi 60 ml di Aloshop

Salah satu obat pereda demam dan nyeri yang bisa digunakan saat mengalami campak adalah Ibuprofen Suspensi. Ibuprofen memiliki kemampuan dalam mengurangi zat yang memicu timbulnya gejala radang, termasuk nyeri, demam, dan sakit tenggorokan, sehingga keluhan tersebut mereda.

Ibuprofen Suspensi dikemas dalam botol isi 60 ml. Obat ini bisa dikonsumsi oleh dewasa dan anak usia 1 tahun ke atas. Sebagai obat campak, Ibuprofen Suspensi diminum 3–4 kali sehari sesuai dosis dan petunjuk pada kemasan. Gunakan alat takar yang terdapat dalam kemasan obat supaya dosisnya akurat.

Proris Triple Action Kaplet

Harga: Rp11.495 per blister
Beli Proris Triple Action 200 mg Kaplet di Aloshop

Proris Triple Action mengandung ibuprofen yang bekerja menghambat zat pemicu peradangan di dalam tubuh. Dengan berkurangnya peradangan, demam akan turun. Pegal linu dan sakit tenggorokan juga bisa berkurang.

Proris Triple Action tersedia dalam kemasan blister isi 10 kaplet. Obat ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak usia 1 tahun atau lebih dengan berat badan minimal 7 kg. Agar demam dan pegal-pegal hilang, penderita campak perlu minum obat ini 3–4 kali sehari, atau sesuai dosis pada kemasan.

Vitamin A 100.000 IU Kimia Farma

Harga: Rp661 per kapsul

Vitamin A 100.000 IU Kimia Farma adalah suplemen vitamin A yang kerap digunakan dalam pengobatan campak. Penderita campak yang kekurangan vitamin A rentan mengalami gejala measles yang berat. Oleh sebab itu, disarankan untuk minum suplemen vitamin A 100.000–200.000 IU agar gejala bisa lebih ringan.

Vitamin A 100.000 Kimia Farma dikemas dalam botol isi 50 kapsul lunak. Obat campak berupa suplemen ini bisa diminum oleh dewasa dan anak-anak sebanyak 1–2 kapsul, 1 kali sehari, selama 2 hari.

Vitamin A 200.000 IU Kimia Farma

Harga: Rp16.166 per kapsul

Pemberian vitamin A terbukti dapat mengurangi keparahan gejala campak. Itu sebabnya, suplemen vitamin A kerap digunakan dalam penanganan penyakit campak. Untuk menambah asupan vitamin A dari makanan, Anda memerlukan suplemen Vitamin A.

Vitamin A 200.000 IU Kimia Farma dijual dalam kemasan botol isi 50 kapsul. Sebagai obat campak, vitamin A ini diminum 1 kapsul, 1 kali sehari, selama 2 hari. Perlu diketahui bahwa suplemen vitamin A dosis tinggi ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berbagai obat campak di atas bisa diandalkan untuk meringankan gejala measles dan mempercepat penyembuhan. Gunakan obat ini sesuai dosis dan aturan pakai pada kemasan, atau petunjuk dokter. Penting untuk diingat, jangan memberikan aspirin kepada anak karena bisa memicu sindrom Reye yang mengancam nyawa.

Selain menggunakan obat campak, penderita measles juga perlu minum air putih lebih sering. Hal ini untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan. Penderita juga disarankan untuk tetap di rumah sampai gejala mereda guna mencegah penularan penyakit.

Segera ke IGD atau dokter terdekat jika mengalami keluhan berikut:

Demam tinggi lebih dari 39 derajat Celsius
Demam tidak mereda meski sudah menggunakan obat campak penurun demam
Timbul keluhan serius, seperti sesak napas dan linglung. (R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index