NATARU, PUPR Pastikan Seluruh Jalan Tol di Sumatera Siap Digunakan, Termasuk Bangkinang- Tanjung Alai

NATARU, PUPR Pastikan Seluruh Jalan  Tol di Sumatera Siap Digunakan, Termasuk Bangkinang- Tanjung Alai
Tol Indrapura/ Sumber Foto: Hutama Karya.

MEDAN (RIAUSKY.COM)- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan infrastruktur jalan tol di Sumatera dalam kondisi mantap dan siap digunakan dalam menyambut Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga, Nyoman Suaryana pada saat mendampingi Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Medan, Prov. Sumatera Utara pada hari Rabu (6/12) lalu.

Untuk Jalan Tol Trans Sumatera, jelas dia,  yang operasional sepanjang 865 km dengan 38 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), dengan perincian 22 TIP A, 7 TIP B dan 9 TIP C.

Dia juga menjelaskan, untuk mendukung kelancaran Nataru, ada penambahan ruas tol operasi sepanjang 146 Km di Pulau Sumatera yaitu di Tol Sigli Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang - Kutobaru - Batussalam sepanjang 12,7 Km); Tol Binjai Langsa (Seksi 2 Stabat – Kualabingai sepanjang 7,5 Km).

Selanjutnya, Tol Simpang Indralaya - Muara Enim (Seksi Indralaya – Prabumulih sepanjang 63,5 Km); Tol Indrapura - Kisaran (Seksi 1 Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,1 Km); Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi  - Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi - JC.Indrapura & Seksi 2 Segmen JC.Indrapura - SS Indrapura sepanjang 28 Km); dan Tol Binjai – Langsa (Seksi 2 Kuala Bingai – Tanjung Pura sepanjang 19,1 km).

Selain itu akan ada Jalan Tol yang fungsional yaitu Tol Bangkinang – Tanjung Alai sepanjang 25 Km, Tol Binjai Langsa seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura sepanjang 19 Km dan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 56,6 Km.

Puncak arus mudik Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi terjadi pada tanggal 22 dan 29 Desember 2023. Sedangkan puncak arus baliknya diprediksi akan terjadi pada tanggal  26 Desember 2023 dan 1 Januari 2024.

Menanggapi Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Nyoman mengatakan bahwa Kementerian PUPR akan memastikan seluruh Jalan Nasional fungsional tidak ada lubang, rambu dan marka terpasang lengkap, serta tidak ada perbaikan Jalan Tol dan Non Tol selambat-lambatnya pada H-10 (tanggal 15 Desember 2023).

Selain itu Kementerian PUPR akan menyiagakan tim tanggap darurat di Jalan Nasional untuk antisipasi kondisi darurat yang rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.(R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index