Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam, Ini Faktanya

Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam, Ini Faktanya
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Manfaat lidah buaya untuk flek wajah hitam sayang dilewatkan karena bahan alami ini terbukti efektif menyamarkan noda atau flek hitam di wajah. Bahkan, kesehatan kulit dapat menjadi lebih terjaga dengan mengoleskan lidah buaya atau produk berbahan ini ke kulit wajah secara rutin.

Lidah buaya adalah tanaman mirip kaktus yang dikenal juga dengan nama Aloe vera. Bagian daging yang bening, kenyal, dan lengket, dari lidah buaya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku dari beragam produk skincare, perawatan rambut, tak terkecuali untuk mengurangi flek wajah hitam.

Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam
Flek hitam di wajah bisa mengurangi kemulusan wajah. Sehingga tak heran kalau banyak orang yang ingin menghilangkan flek hitam di wajah ini dengan beragam jenis perawatan kulit, termasuk dengan bahan alami, seperti menggunakan aloe vera.

Bukan tanpa alasan, aloe vera mengandung zat alami aloin dan aloesin yang punya efek mencerahkan kulit. Kedua zat ini bahkan dikatakan bisa mengurangi hiperpigmentasi dengan merusak sel melanin di kulit dan mencegah pembentukannya.

Salah satu penelitian juga membandingkan penggunaan aloesin di kulit dengan yang tidak menggunakan apa pun. Hasil penelitiannya menyatakan bahwa kulit yang diolesi aloesin secara rutin selama 4–5 minggu tampak lebih cerah.

Selain karena aloin dan aloesin, lidah buaya juga memuat kandungan asam salisilat. Asam salisilat merupakan eksfoliator yang mampu mengangkat lapisan kulit mati bersama kotoran yang menempel. Dengan demikian, tampilan flek hitam akan memudar.

Cara Mendapatkan Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam
Cara paling mudah mendapatkan manfaat lidah buaya untuk flek wajah hitam adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya langsung ke warna kulit yang menghitam. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda juga menggunakan produk perawatan kulit yang memuat bahan alami ini.

Jika ingin menggunakan lidah buaya secara langsung, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Berikut adalah panduannya:

Siapkan lidah buaya segar yang sudah tua karena lidah buaya yang sudah berumur akan memiliki kadar aloin dan aloesin yang tinggi.
Cuci lidah buaya hingga bersih lalu keringkan.
Kupas kulit lidah buaya dan ambil daging atau gelnya.
Oleskan gel lidah buaya ke kulit yang sudah dibersihkan. Oleskan pada area kulit yang ada fleknya atau ke seluruh wajah secara merata.
Diamkan selama beberapa menit atau sampai mengering
Bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk berbahan lembut.
Satu buah batang lidah buaya dapat menghasilkan banyak gel. Oleh karena itu, Anda bisa menyimpan gel yang tersisa ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas. Gel lidah buaya yang disimpan di dalam wadah tertutup dan pendingin bisa Anda gunakan kembali sampai habis.

Lidah buaya dianggap minim efek samping. Namun, jika setelah menggunakannya muncul kemerahan, gatal, atau tanda-tanda iritasi yang lain, sebaiknya hentikan penggunaannya dan lakukan pemeriksaan ke dokter.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index