HARI INI! Ruas Pekanbaru Hingga XIII Koto Kampar Bisa Ditempuh Melalui Tol

HARI INI! Ruas  Pekanbaru Hingga  XIII Koto Kampar Bisa Ditempuh Melalui Tol
Gerbang Tol Bangkinang-Tanjung Alai.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), Ahad (24/12/2023) mulai memfungsionalkan jalan tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar.

Menurut rencananya, ruas tol yang merupakan bagian dari akses Riau-Sumbar ini akan fungsional selama sepekan (24 Desember 2023-3 Januari 2023) yang akan datang dalam rangka menunjang kelancaran arus lalu lintas memasuki momen perayaan Natal dan pergantian tahun 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo dalam penjelasannya mengungkapkan pembukaan akses tol ini diharapkan dapat mendukung konektivitas masyarakat dari Provinsi Riau menuju Sumatra Barat maupun sebaliknya.

Sebelumnya akses tol Riau Sumbar baru bisa ditempuh untuk akses Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 38 kilometer dengan lama jarak tempuh berkisar 40 menit. Dengan bertambahnya akses Bangkinang-Tanjung-Alai, maka kini Pekanbaru - Tanjung Alai (XIII Koto Kampar) sudah bisa ditempuh dalam kurang lebih 1 jam perjalanan.

Selama masa fungsional ini, Hutama Karya sebagai pengelola belum memberlakukan tarif alias masih gratis.

Hanya saja, setiap kendaraan yang hendak melintas tetap dimintakan   untuk tetap menyiapkan kartu tol dan melakukan tapping kartu,” ujar Tjahjo

Sebelumnya, Hutama Karya telah memberikan keterangan resmi terkait 2 ruas jalan tol fungsional, dengan penambahan ini maka terdapat total 3 ruas yang dibuka secara khusus di JTTS.

Dengan kehadiran ruas jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar ini  masyarakat dapat menghemat waktu tempuh perjalanan dari Bangkinang menuju Tanjung Alai, yang semula sekitar 40 menit  menjadi 20 menit saja.

Selain itu, akses ke berbagai tempat wisata juga akan semakin mudah, seperti wisatawan dari Bangkinang yang ingin menuju Lereng Green View yang terletak di daerah Tanjung Alai, untuk menikmati pemandangan, atau masyarakat Tanjung Alai yang ingin berwisata kuliner ke daerah Kampar, menikmati Sate Lidah dan Kapiek Tak Bertulang sambil menyeruput Dadio.

Ruas Tol Bangkinang Tahap 1 (Bangkinang - Tanjung Alai) sendiri panjangnya sekiatr 24,7 km.

Jalan tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar mulai bisa dilalui semenjak Pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Untuk proses pekerjaannya, ruas tol Bangkinang-Tanjung Alai ini masih menyisakan sepanjang 4 kilometer pengerjaan. Hal tersebut sesuai dengan hasil peninjauan oleh Gubernur Riau, Edy Nasution dengan didampingi langsung oleh Project Director Hutama Karya Jalan Bangkinang – Pangkalan, Bambang Hendarto, dalam rangka meninjau kesiapan jalan tol yang akan difungsionalkan secara khusus, pada Kamis (21/12) lalu.(R02)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index