Innalillahi... Ekonom Senior Rizal Ramli Meninggal Dunia

Innalillahi... Ekonom Senior Rizal Ramli Meninggal Dunia
Rizal Ramli

JAKARTA (RAUSKY.COM)- Innalillahi wa inna illaihi rojiuun... Ekonom senior sekaligus mantan menteri Rizal Ramli meninggal dunia, Selasa (2/1/2024) malam padi.

Rizal tutup usia pada umur 69 tahun. Kabar meninggalnya Rizal beredar kencang di sejumlah grup media sosial.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh staf Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso seperti dikutip dari Kompas.com.

Rizal wafat pukul 19.30 WIB di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

"Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," bunyi pesan singkat yang diterima Kompas.com, Selasa.

Rizal merupakan seorang ekonom senior yang sempat menjabat berbagai posisi strategis pemerintah.

Terakhir, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada 2015-2016. Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, 10 Desember 1954.

Ia mengenyam pendidikan S1 jurusan Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikannya hingga S3 di bidang ekonomi di Boston University, Amerika Serikat.

Sepulangnya dari Negeri Paman Sam, Rizal bersama rekannya mendirikan lembaga think-tank bernama ECONIT Advisory Group.

Lembaga tersebut kerap menyampaikan kritik terhadap kebijakan ekonomi di pemerintahan orde baru.

Setelah orde baru runtuh dan digantikan orde reformasi, Rizal mulai berkiprah  ke dalam pemerintahan.

Dia pernah menjadi Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) pada 2000. Selanjutnya pada Agustus 2000, Rizal diberi kepercayaan  oleh Presiden Abdurahman Wahid untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri. Jabatan ini ditempati oleh Rizal hingga Juni 2001.

Setelah itu, Rizal ditunjuk menjadi Menteri Keuangan pada Juni 2001. Namun, hanya berselang sebulan ia harus digantikan oleh Boediono, seiring dengan berakhirnya era kepemimpinan Gus Dur.

Lalu, berselang 14 tahun lamanya, Rizal kembali masuk jajaran kabinet pemerintah. Pada 2015, Presiden Joko Widodo menunjuk Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya.

Posisi tersebut ditempati Rizal hingga akhirnya digantikan Luhut Binsar Pandjaitan pada 2016.

Di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.  

Karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Pasca keluar dari kabinet, Rizal Ramli lebih banyak menjalankan perannya sebagai ekonom dan tak jarang terlibat dalam pemikiran-pemikiran kritis terhadap kebijakan pemerintahan yang dia lontarkan dalam forum-forum diskusi  ekonomi maupun media sosial resmi miliknya.(R02)

Sumber Berita: kompas.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index