Muflihun Tantang Warga di Kulim dan Tenayan Raya Tanam Cabai dan Bawang

Muflihun Tantang Warga di Kulim dan Tenayan Raya Tanam Cabai dan Bawang
Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun saat Silaturahmi dan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Tanayan Raya, Rabu (10/1/2024) siang.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun melaksanakan kunjungan kerja dan silaurahmi di Kecamatan Kulim dan Tenayan Raya, Rabu (10/1/2024).

Di dua kecamatan ini, Pj. Wai Kota Pekanbaru menjelaskan tentang program-program yang telah dan akan dilaksanakan Pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun 2024 ini.

Di kedua kecamatan ini, Muflihun juga menantang masyarakat pemilik lahan di kedua kecamatan ini untuk melakukan penanaman dan budidaya cabai dan bawang.

Dia menjelaskan, pada tahun 2024 nanti, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pertanian memiliki program untuk budidaya pertanian dan peternakan.

''Kami ingin, di Kulim dan Tenayan Raya ini, masyarakatnya diberdayakan lewat sektor pertanian. Bisa dengan melakukan budidaya cabai atau bawang. Kita ingin, kedua komoditas ini bisa memenuhi pasar-pasar di Kota Pekanbaru, sehingga tidak lagi menimbulkan ketergantungan terhadap daerah lain,''ungkap Muflihun.

''Karena itulah, kami mengajak, siapa yang mampu dan mau untuk menanam cabai dan bawang. Lahan kita luas, bisa digunakan untuk menanam. Masa iya, kita tak bisa menanam cabai dan bawang, masa iya bawang perai saja kita harus datangkan dari luar. Kami mengajaklah, kita untuk bersama-sama,'' kata dia.

Dijelaskan Muflihun, Pemko bisa membantu untuk program ini dengan memberikan subsidi pada penyediaan bibit tanaman. ''Tetap kita bantu. Kita bantu bibitnya, kita berikan pancingnya, kita berharap nanti angka ketergantungan terhadap cabai dan bawang bisa berkurang,''jelas dia.

Tak hanya untuk cabai dan bawang, Muflihun juga menyampaikan bahwa Pemko siap mendukung untuk pelibatan petani dan peternak untuk budidaya ayam, baik pedaging dan petelur.

''Kita punya programnya untuk tahun 2024 ini. Siapa yang siap, kita bisa saling membantu, Nanti akan diberikan penyuluhan dan pelatihan. Yang penting, apa yang dikerjakan ini benar-benar terukur dan bisa memberikan nilai lebih kepada masyarakat. Nah, untuk itu, bisa berkoordinasi dengan Dinas Pertanian,'' kata dia.

Turut hadir dalam kegiatan silaturahmi dan kunjungan kerja Pj.Wali Kota Pekanbaru ke kecamatan-kecamatan tersebut di antaranya Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Asisten I Masykur Tarmizi, Kadis Ketahanan Pangan H. Maisisco, Kadis Pertanian Firdaus, Kadis Koperasi  Sarbaini, Kadis Kominfotiksan Raja Hendra, Kadis PUPR Edwar Riansyah, Kadis Perkim Mardiansyah, Kabag Kesra Trisepna Saputra, Kepala BPBD Zarman Candra, juga rombongan lainnya.(R06)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index