Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Penting untuk Diketahui

Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Penting untuk Diketahui
Ilustrasi/net

JAKART (RIAUSKY.COM) - Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai buah atau tanaman herbal. Makanan atau tanaman herbal tersebut memiliki kandungan yang bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Penyakit asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi dapat mengkristal dan menumpuk di sendi, sehingga membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan tampak kemerahan jika dilihat dari luar.

Cara paling umum untuk menyembuhkan serangan asam urat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, cara menyembuhkan asam urat tanpa obat juga bisa dilakukan agar kadar asam urat kembali normal dan Anda dapat beraktivitas dengan nyaman.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Penting Diketahui
Serangan asam urat sebenarnya akan terus terjadi selama kadar asam urat di dalam darah tergolong tinggi. Oleh sebab itu, cara menyembuhkan asam urat tanpa obat dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan asam urat dan menurunkan risiko terjadinya kekambuhan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai berbagai cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang perlu Anda ketahui:

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium
Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh magnesium sebanyak 340–360 miligram per hari . Magnesium sendiri merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium dalam tubuh yang tercukupi akan mempengaruhi penurunan kadar asam urat. Dengan begitu, risiko terjadinya serangan asam urat pun dapat dikurangi.

Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium dengan mengonsumsi makanan tinggi magnesium, seperti bayam, daun kale, alpukat, pisang, salmon, tuna, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium sesuai saran dokter, jika memang diperlukan.

2. Mengonsumsi buah ceri
Buah ceri mengandung senyawa antosianin yang dapat menurunkan kadar asam urat serta meredakan nyeri akibat peradangan, termasuk peradangan di sendi. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ceri secara rutin dapat mencegah terjadinya serangan asam urat.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah ceri yang berwarna gelap dan memiliki rasa yang asam adalah jenis buah ceri terbaik untuk menyembuhkan asam urat. Anda bisa mengonsumsi 3 buah ceri setiap hari agar manfaat buah ini sebagai cara menyembuhkan asam urat tanpa obat bisa didapatkan secara optimal.

3. Mengonsumsi apel
Mengonsumsi apel juga termasuk dalam cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Hal ini karena apel mengandung asam malat yang dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari serangan asam urat yang bisa membuat sendi terasa nyeri.

Untuk mengendalikan asam urat, Anda disarankan untuk mengonsumsi hanya 1 buah apel setiap harinya. Pasalnya, apel mengandung fruktosa yang justru dapat memicu terjadinya serangan asam urat bila dikonsumsi secara berlebihan.

4. Mengonsumsi biji seledri
Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Pasalnya, seledri sering dikonsumsi bagian batang atau daunnya. Sementara itu, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa biji seledri juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat, termasuk menyembuhkan asam urat tanpa obat.

Biji seledri mengandung senyawa luteolin dan beta selinene yang bersifat antiradang. Kedua senyawa tersebut efektif untuk menurunkan kadar asam urat serta mengurangi peradangan di sendi akibat kadar asam urat yang tinggi.

Bila ingin mengonsumsinya, Anda bisa menggunakan biji seledri sebagai bumbu tambahan dalam makanan atau merebus dan meminum air rebusannya sebagai teh herbal.

5. Meminum air rebusan daun jelatang
Daun jelatang dikenal sebagai daun yang bisa membuat gatal jika menyentuh kulit. Namun, di balik efek sampingnya tersebut, daun jelatang dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat.

Hal ini karena daun jelatang memiliki sifat antiradang yang dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah sehingga mencegah terjadinya serangan asam urat. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun jelatang sebagai cara menyembuhkan asam urat tanpa obat.

Anda dapat mengolah daun jelatang menjadi teh herbal. Caranya, cuci bersih 2–3 lembar daun jelatang kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minumlah air rebusan daun jelatang jika suhunya tidak lagi panas. Agar manfaatnya optimal, Anda bisa meminum teh daun jelatang sebanyak 3 kali sehari.

6. Meminum air rebusan daun salam
Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan daun salam. Manfaat daun salam sendiri dalam mengatasi asam urat berasal dari beberapa kandungan antioksidan di dalamnya, yaitu flavonoid dan etanol, yang dapat mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

Cara mengolah daun salam untuk dikonsumsi pun tidak jauh berbeda dengan daun jelatang. Anda hanya perlu merebusnya dengan air mendidih dan meminum air rebusannya secara rutin.

7. Menghindari konsumsi seafood dan daging merah
Membatasi atau berhenti mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi, termasuk seafood dan daging merah beserta jeroannya, juga bisa Anda lakukan sebagai cara menyembuhkan asam urat tanpa obat. Pasalnya, purin dapat memicu asam urat mengkristal.

Selain melakukan berbagai cara di tas, Anda juga dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas per hari. Minum banyak air putih membantu membuang asam urat yang berlebih di dalam tubuh Anda.

Bila keluhan akibat serangan asam urat tidak kunjung menghilang atau justru bertambah parah, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index