Cara Menghilangkan Panu di Wajah dalam 1 Hari

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dalam 1 Hari

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari bisa dengan krim antijamur, bahan alami, atau obat oles resep dari dokter. Cara penggunaan obat untuk panu ini perlu hati-hati agar tidak memperburuk kondisi atau menyebabkan iritasi pada wajah.

Panu biasanya muncul di area bahu, punggung, dada, kulit di bawah payudara, atau lekukan lengan. Namun, tak jarang juga panu muncul di wajah sehingga mengganggu penampilan. Oleh karena itu, diperlukan pengobatan yang paling cepat dan efektif untuk menghilangkannya.

Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari bisa dilakukan melalui perawatan mandiri atau obat-obatan oles dari dokter. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk memperbaiki kulit yang berubah warna dan gejala yang menyertainya, seperti rasa gatal.

Beragam Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dalam 1 Hari
Munculnya panu di wajah tentu meresahkan dan menurunkan kepercayaan diri karena bercak kulit yang lebih terang sangat terlihat. Selain itu, bercak panu juga bisa menjadi bersisik dan kering. Bila dibiarkan, ukuran bercak panu akan bertambah besar dan menutupi area kulit yang lebih luas.

Meski begitu, panu sebenarnya mudah diobati dengan berbagai obat antijamur, baik medis maupun bahan-bahan alami. Berikut ini adalah berbagai cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari:

1. Gunakan sabun cuci muka dengan kandungan zinc pyrithione
Untuk menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari, gunakanlah sabun cuci muka yang mengandung zinc pyrithione. Kandungan ini bersifat antibakteri dan antijamur yang dapat mencegah infeksi dan menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu. Zinc pyrithione juga efektif meredakan gatal dan mengurangi jerawat di wajah.

Bahan kimia ini biasanya dikombinasikan dengan selenium sulfide dan sering ditemukan dalam produk sampo antiketombe.

2. Oleskan krim atau salep clotrimazole
Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari juga bisa dengan penggunaan krim atau salep yang mengandung clotrimazole. Obat antijamur ini bisa dibeli secara bebas, tetapi tetap pastikan penggunaannya sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan.

Krim atau salep yang mengandung clotrimazole 1% biasanya perlu dioleskan secukupnya ke area panu sekitar 2–3 kali sehari. Pastikan obat oles ini tidak mengenai bibir dan mata.

3. Oleskan krim miconazole
Krim antijamur miconazole juga bisa menjadi cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari. Krim antijamur ini biasanya direkomendasikan untuk panu yang telah menyebabkan kulit gatal dan berisik. Sama seperti obat antijamur lainnya, miconazole bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur penyebab infeksi.

Cara menggunakan krim ini tergolong mudah, cukup oleskan tipis-tipis untuk menutupi kulit yang terkena panu dan area sekitarnya. Gunakan krim antijamur ini sesuai dosis dan dalam jangka waktu yang tertera pada kemasan produk. Hentikan penggunaan krim miconazole bila muncul tanda-tanda iritasi, seperti ruam atau perih.

4. Gunakan obat antijamur resep dokter
Jika berbagai obat antijamur yang dijual bebas tidak cukup ampuh menghilangkan panu di wajah, konsultasilah ke dokter agar mendapatkan obat resep. Contoh obat antijamur resep paling ampuh yang diresepkan dokter adalah krim oles ketoconazole. Krim ini biasanya dioleskan tipis-tipis pada area panu sebanyak 1 kali dalam sehari sesuai saran dokter.

Anda tidak boleh menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari dosis karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan jerawat. Sebaliknya, jika Anda berhenti menggunakannya terlalu cepat, panu mungkin akan kambuh kembali.

5. Gunakan bahan-bahan alami
Anda juga bisa menggunakan berbagai bahan alami sebagai cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari, contohnya madu, lidah buaya, dan kunyit.

Menurut beberapa penelitian, mengoleskan madu ke area panu efektif melawan jamur penyebab panu dan memudarkan bercak panu yang muncul di kulit. Selain madu, Anda juga bisa coba mengoleskan gel lidah buaya. Bahan alami ini bahkan mampu melawan jamur yang kebal terhadap obat antijamur.

Sementara itu, kunyit dapat mengurangi rasa gatal dan pigmentasi kulit akibat panu. Namun, efektivitas penggunaan berbagai bahan alami untuk menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari masih perlu diteliti lebih lanjut.

Untuk mendukung pengobatan panu, memastikan pemulihan total, dan mencegah kekambuhan panu, lakukanlah juga beberapa perawatan sehari-hari berikut ini:

Hindari keringat berlebih.
Hindari paparan sinar matahari langsung.
Gunakan tabir surya atau sunscreen dengan minimal SPF 30 di wajah secara menyeluruh setiap hari.
Jaga kebersihan wajah dengan cuci muka 2 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah.
Kasus panu yang ringan umumnya bisa hilang dengan berbagai pilihan cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari di atas. Terlebih, bila kondisi ini segera diobati secepat mungkin setelah bercak-bercak panu muncul. Meski begitu, perlu waktu sekitar 1–2 minggu agar panu bisa hilang secara tuntas di kulit wajah.

Bila panu bertahan lebih lama, bercaknya makin meluas, atau kondisinya makin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diberikan penanganan lebih lanjut. Untuk kondisi panu yang membandel dan susah diobati, dokter biasanya meresepkan obat oral yang ampuh dalam mengontrol jamur di kulit.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index