Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, Pemkab Meranti Pusatkan di Kecamatan Merbau

Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, Pemkab Meranti Pusatkan di Kecamatan Merbau

MERANTI (RIAUSKY.COM) - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Randolph WH melakukan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia, di Desa Lukit Kecamatan Merbau, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) itu, dipimpin langsung oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati bersama Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Hartono Prawiraatmaja. Hadir juga Gubernur Riau yang diwakili Asisten II M. Job Kurniawan sekaligus Plt Kadis LHK Provinsi Riau.

Randolph mengucapkan terima kasih kepada KLHK atas terselenggaranya kegiatan penanaman pohon serentak di sepanjang musim penghujan 2024. 

"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI pada acara penanaman pohon di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 30 Desember tahun lalu," sebut Randolph.

Dijelaskannya, Kepulauan Meranti merupakan kabupaten kepulauan yang berada disepanjang pantai Timur Indonesia yang sangat rentan terhadap abrasi. Gugusan pulau yang merupakan endapan tanah bergambut, tambahnya, juga merupakan faktor utama penyebab kerusakan alam dan lingkungan. 

"Hal inilah yang menjadi pemicu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tetap konsen terhadap program rehabilitasi hutan dan lahan," terangnya.

Lanjut Randolph, merehabilitasi lahan bukan pekerjaan yang mudah, melainkan perlu adanya dukungan dana yang besar dan Sumber daya Manusia (SDM) yang memadai. Untuk itu perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi sangat diperlukan, dalam upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Semoga kegiatan ini dapat dilakukan terus menerus. Dengan jenis pohon yang tepat, maka kualitas lingkungan hidup akan meningkat yang berdampak positif bagi kecukupan air bersih, dan ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Meranti," jelas Randolph.

Selanjutnya, Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan kegiatan penanaman pohon serentak ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Sedunia.

"ini bertujuan untuk memulihkan gambut, menghijaukan mangrove, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BRGM Hartono mengatakan bahwa, lahan basah, termasuk gambut dan mangrove, memiliki manfaat yang begitu besar, oleh karenanya harus dikelola secara bijak. 

"Desa Lukit, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu dari wilayah Provinsi Riau yang menjadi lokasi penanaman pohon serentak pada peringatan hari lahan basah sedunia," terangnya.

Hadir mendampingi Staf Ahli Bupati Randolph, Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) yang diwakili Kabid Lingkungan Hidup Dewi Atmi Dilla, Kepala BPBD diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Ismail, Camat Merbau Muhammad Nazir, Upika Kecamatan Merbau, Kepala Desa Lukit Safera, dan undangan lainnya.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index