Bupati Siak Buka Musrenbang RKPD dan Rembuk Stunting Kecamatan Tualang

Bupati Siak Buka Musrenbang RKPD dan Rembuk Stunting Kecamatan Tualang

SIAK (RIAUSKY.COM) - Bupati Siak Alfedri menghadiri sekaligus membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) dan rembuk stunting tingkat kecamatan tualang, tahun anggaran 2025.

Musrenbang RKPD Kecamatan merupakan yang perdana dilaksanakan ditahun 2024, acara bertempat di Aula kantor Camat Tualang, Senin (19/2/2024). Turut hadir Camat Tualang Mursal, Kepala Bappeda, Anggota DPRD dapil 3, serta perwakilan atau Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Siak Alfedri mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak harus segera menyusun Rancangan RPJPD Tahun 2025 2045 menyesuaikan RPJPN dan RPJPD Provinsi Riau.

Pada kesempatan yang sama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau melalui Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia menyerahkan secara simbolis Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB kepada Bupati Siak Alfedri, Senin 19 Feb 2024 di ruang kerja camat Tualang.

Penyerahan DAK tersebut sebelum pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tualang. Di tempat yang sama diserahkan Juknis yang menjadi petunjuk penggunaan anggaran yang dialokasikan dengan total Rp. 4.943.563.000,-.

Dana Alokasi Khusus Sub Bidang KB ini merupakan dana yang diberikan kepada Kab/Kota langsung dari Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan reproduksi yang merata dalam mendukung pencapaian sasaran proritas pembangunan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau. Selanjutnya akan menjalankan program-program yang sudah direncanakan untuk tahun 2024 ini khususnya di sub Bidang KB, OPD terkait.

Bupati Alfedri siap mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting (PPS) di wilayah yang dipimpinnya, dengan memadukan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasionalinya Keluarga Berencana (BOKB) dari BKKBN, dengan anggaran APBD kabupaten Siak Tahun Anggaran 2024.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia mengapresiasi atas komitmen Bupati Siak pada program Bangga Kencana dan

PPS.

“Kami turut bangga karena Siak mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023. Kemudian penyerapan anggaran BOKB Kabupaten Siak sudah cukup baik,” ujarnya. Ia menambahkan dengan adanya program Bangga Kencana, tidak hanya berkaitan dengan keluarga berencana, tetapi juga dengan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh. Karena itu semua pihak diminta ikut mendukung dan berpartisipasi dalam program ini.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index