Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan, Erna: Pustaka Sekolah Jantung Pendidikan

Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan, Erna: Pustaka Sekolah Jantung Pendidikan
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Hj. Erna Juita SH, MSi saat memberi arahan saat membuka Peningkatan Kapasitas Pustakawan di Hotel Dafam Pekanbaru, Kamis (29/2/2024).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ((Dispusip) Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Sekolah SD/MI/SMP dan MTs Negeri dan Swasta, di  Hotel Dafam Pekanbaru, Kamis (29/2/2024).

Pada kesempatan tersebut, Hj Erna Juita mengungkapkan pentingnya fungsi dari keberadaan perpustakaan sekolah. 

Perpustakaan, sebut Erna, bukan hanya sebagai tempat menyimpan buku, namun  merupakan jantung dari pendidikan di sekolah.

''Perpustakaan yang baik dan pustakawan yang berkualitas dapat menjadi wahana yang memacu minat baca siswa. Mengembangkan pengetahuan mereka serta membentuk karakter yang berkualitas,''ungkap Erna menyemangati para peserta peningkatan kapasitas.

Kepala Dispusip Pekanbaru memberi sambutan saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Sekolah SD/MI/SMP dan MTs Negeri dan Swasta, di  Hotel Dafam Pekanbaru, Kamis (29/2/2024).

Dia menjelaskan, peran perpustakaan sebagai wahana pencerdasan sedang mendapatkan tantangan serius di era digitalisasi, dimana informasi bergulir dengan demikian cepat, yang tak jarang membawa sisi negatif seperti hoax.

Namun, digitalisasi ini juga bisa memegang peranan dan membuka peluang bagi perpustakaan untuk meningkatkan minat baca perpustakaan.

Peserta Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Sekolah serius mengikuti acara.

Karena itulah, sebagai upaya mengelola dampak negatif kecepatan informasi, peran pendidikan dalam meningkatkan kesadaran akan literasi digital secara bijaksana juga diperlukan.

Peningkatan kapasistan para pustakawan dan pengelola pustaka sekolah ini, dijelaskan Erna menjadi salah satu sarana yang penting untuk meng-up grade pengetahuan para pustakawan dalam mengelola perpustakaan yang inovatif dan sesuai dengan tuntutan situasi dalam meningkatkan minat baca para siswa.

''Peningkatan sistim otomasi perpustakaan saat ini bukan sekedar pilihan atau keinginan, namun menjadi kebutuhan. Sementara sering kali, perpustakaan dihadapkan dengan persoalan ketersediaan sumber daya manusia,'' jelas Erna.

Suasana pelatihan peningkatan kapasitas pustakawan.

Karera itulah, sebut Erna, Dispusip Pekanbaru menggelar peningkatan kapasitas untuk pengelola perpustakaan SD/MI, SMP maupun MTs se Kota Pekanbaru baik negeri maupun swasta.

''Untuk saat ini kita mengikutsertakan sebanyak 45 peseta dari perwakilan sekolah. Terdiri dari 30 peserta untuk perpustakaan SD serta 15 peserta untuk tingkat SMP,'' ujar dia.

''Kami berharap dengan peningkatan kapasitas ini akan mampu memberikan kontribusi dalam membentuk profil perpustakaan yang siap menghadapi perubahan dan mampu berperan pula untuk mendukung proses pembelajaran.

Tampil sebagai narasumber dalam pelaksanaan Peningkatan Kapasitas yang akan dilaksanakan selama dua hari ini adalah, Ir. Hj. Nelfiyonna MSi, Hj Sarmiyati SIP, Syahyarwan Zam SE, MSi serta H. Ahyar S.Kom, SIP,M.Kom.(galeri foto)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index