Wakil Bupati Siak Jadi Pembicara Upaya Kolaborasi Penanggulangan Stunting RAPP Bersama APINDO Pusat

Wakil Bupati Siak Jadi Pembicara Upaya Kolaborasi Penanggulangan Stunting RAPP Bersama APINDO Pusat
Wakil Bupati Siak Husni Merza bersama Ketua APINDO pusat Shinta Widjaja Kamdani dan Presdir RAPP Sihol Aritonang saat meninjau kegiatan di RGE Technology Center Pangkalan Kerinci, Rabu (28/2/2024).

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM)- Wakil Bupati Siak Husni Merza menjadi salah satu nara sumber dari diskusi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) membahas terkait Kolaborasi Program Percepatan Penurunan Stunting antara Pemerintah Daerah dengan Dunia Usaha yang dilaksanakan di RGE Technology Center, komplek Townsite I PT. RAPP Pangkalan Kerinci Rabu (28/2/2024).

Dalam diskusi tersebut, Wakil Bupati Siak Husni Merza memaparkan sejumlah capaian yang di raih Pemerintah Kabupaten Siak dalam upaya penurunan angka stunting sejak 2 tahun lalu, termasuk upaya kolaborasi yang dilakukan bersama PT RAPP di Kabupaten Siak.

Pemerintah Kabupaten Siak, sebut Husni, merasa terbantu dengan kehadiran April Group saat melakukan aksi konvergensi penurunan stunting.

“Alhamdulillah APRILGroup melalui Tanoto Foundation dan Yayasan Cipta nya terus membantu di beberapa titik yang menjadi locus kami untuk penurunan stunting,” kata dia.

Ketua TPPS Kabupaten Siak itu, juga menyebutkan Pemerintah Kabupaten Siak tetap berkomitmen untuk terus tekan kasus stunting dari segala sisi agar angka stunting terus menurun.

“Dari segi anggaran, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan hal yang terkait langsung maupun tidak langsung dari Rp214 milyar yang dianggarkan di tahun 2023 menjadi Rp239 milyar untuk tahun 2024 ini,” jelasnya.

Husni menambahkan bahwa Pemkab Siak menargetkan angka stunting di Kabupaten Siak berada di bawah angka 5 persen.

Meski tak mudah, Husni menjelaskan namun hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dicapai.

Karena saat ini ada 1 kecamatan yang hanya memiliki 1 anak stunting. Hal itu pun terjadi karena si anak memiliki penyakit bawaan.

“Alhamdulillah dari 122 desa dan 9 kelurahan yang ada, 44 desa sudah zero stunting. Kami yakin dan percaya dengan dukungan APINDO, RAPP, Tanoto Foundation dan mitra mitra APINDO lainnya dapat mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Siak di masa yang akan datang,” terangnya.

Wakil Bupati Siak ini juga menjelaskan hal yang masih menjadi tantangan bagi pemerintah yaitu memberikan pemahaman dan edukasi tentang apa itu stunting, karena kebanyakan anak yang terkena stunting bukanlah berasal dari keluarga yang kurang mampu.

“Karena tanggung jawab sebagai kepala daerah yang di beri amanah, kami ingin memproduksi SDM yang berkualitas yang nantinya akan ikut berkontribusi untuk daerahnya dan bangsanya,” terangnya.

Ketua Umum APINDO Shinta Widjaja Kamdani sangat mengapresiasi usaha dan pencapaian Pemerintah Kabupaten Siak dalam penurunan angka stunting tersebut.

“Kabupaten Siak bisa menjadi contoh untuk daerah lain bagaimana kolaborasi yang baik terjalin antara Pemerintah dengan dunia usaha,” kata dia.

“Cerita ini akan kami bawa agar dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk percepatan penurunan angka stunting. Dan mudah mudahan target Pemkab Siak di angka 5 persen tersebut dapat terwujud,” pungkasnya.

Acara ini dipimpin langsung oleh Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang juga dihadiri Direktur, Mulia Nauli juga stake holder relation RAPP Syamsuria M Hasyim.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index