Sekda Kuansing Pimpin Rapat Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Idul Fitri dan MTQ Provinsi di Dumai

Sekda Kuansing Pimpin Rapat Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Idul Fitri dan MTQ  Provinsi di Dumai

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)-  Pemerintah Kabupaten Kuantan Singigi menggelar Rapat Koordinasi menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan persiapan pelaksanaan MTQ XLII tingkat Provinsi Riau di Dumai, Senin (04/03/2024) Siang.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Multimedia Kantor Bupati itu dipimpin Sekretaris Daerah H. Dedy Sambudi.

Turut hadir Ketua TP- PKK Hj. Yulia Herma, Kapolres yang di Wakili oleh Kabag Ops Hendri Suparto, Pabung Inhu-Kuansing Kapten Legimin, Asisten II dan III Setda Kuansing, Kepala Opd, Kakan Kemenag, Camat Se-Kabupaten Kuantan Singingi, dan Pengurus LPTQ.

Untuk kegiatan Safari Ramadhan akan diadakan seperti tahun lalu yaitu tetap dengan satu tim. Semua Forkopimda dan jajaran lainnya akan menjadi 1 tim untuk melakukan Safari Ramadhan yang akan dilakukan di seluruh Kecamatan se- Kabupaten Kuantan Singingi.

Sementara perihal perayaan Idul Fitri, jika tidak ada perubahan, maka antara Muhammadiyah dengan Pemerintah akan sama pelaksanaannya yakni pada tanggal 1 Syawal 1445 H / Rabu, 10 april 2024. 

Rencananya penyambutan Idul Fitri akan digelar pawai takbir yang akan dilaksanakan Se-Kota Taluk Kuantan.

Untuk masalah teknis Sholat Idul Fitri akan dilaksanakan di Lapangan Limuno Teluk Kuantan. Kalau semisalnya hujan, maka sudah ada tempat cadangan yaitu di Masjid Agung, Masjid Jihad dan Masjid Raya.

Membahas persiapan MTQ, Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti 5 cabang dari 10 cabang yang akan diperlombakan.

Sementara untuk peserta berjumlah 70 orang, tetapi ada 66 orang yang akan diberangkatkan, karena ada 4 orang yang tidak melengkapi persyaratan. Persiapan lainnya, sudah didatangkan pelatih dari Pekanbaru dan proses pelatihannya akan dilaksanakan di Wisma Kuansing di Pekanbaru.

"66 orang ini sudah didaftarkan secara online, ada beberapa yang belum melengkapi administrasi", jelas Kepala LPTQ.

Ketua TP - PKK Hj. Yulia Herma mengatakan bahwa, untuk pelaksanaan MTQ ini perlu persiapan yang lebih matang, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara untuk persiapan pakaian, akan dibuat seragam dengan satu warna.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi H. Dedy Sambudi juga meminta kepada Ketua LPTQ, agar kegiatan MTQ ini dipersiapkan sebaik mungkin, terutama teknis yang ada di lapangan nantinya.

"Saya minta kepada Kemenag dan Ketua LPTQ untuk mempersiapkan sebaik mungkin. Persiapkan khafilahnya dan pastikan dari sekarang teknis yang berkaitan dengan hotel, akomodasi, makanan, serta hal lainnya", ujar Sekda Kuansing Dedy Sambudi.

Begitu juga kepada seluruh OPD, diharapkan agar dapat mengikuti pawai ta'aruf serta mempersiapkan parade pawai yang akan ditampilkan nanti saat MTQ Provinsi yang akan berlangsung di Kota Dumai tersebut, tutup Sekda Kuansing itu.(R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index