Timun untuk Ibu Hamil, Ketahui Nutrisi dan Manfaatnya

Timun untuk Ibu Hamil, Ketahui Nutrisi dan Manfaatnya

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Timun untuk ibu hamil punya beragam nutrisi penting yang tidak hanya mampu menjaga kesehatan ibu hamil, tetapi juga mendukung pekembangan janin. Salah satu manfaat timun adalah bisa menghidrasi tubuh agar Bumil tidak dehidrasi. Namun, ternyata manfaat timun bukan itu saja, lho.

Manfaat timun untuk ibu hamil sangatlah beragam. Buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Bumil dan calon buah hati. Selain itu, rasanya yang segar dan enak cocok sekali dijadikan lauk atau camilan sehat untuk ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Timun
Timun mengandung kalori yang sedikit, yakni hanya sekitar 15 kalori dalam setiap 100 gramnya. Selain rendah kalori, timun juga mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin, seperti:

1,4 gram karbohidrat
0,3 gram serat
0,2 gram protein
95 miligram fosfor
57 miligram kalium
29 miligram kalsium
13 mililgram magnesium
2 miligram natrium
Adapun jenis vitamin yang terkandung dalam timun adalah vitamin C, vitamin B6 (asam folat), dan vitamin K. Timun juga mengandung kolin, beta karoten, serta kaya akan air dan antioksidan, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin.

Timun untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya
Nah, dilihat dari kandungan nutrisinya yang melimpah, mengonsumsi timun saat hamil bisa memberikan banyak manfaat kesehatan berikut ini:

1. Mencukupi cairan tubuh
Mual, muntah, dan perubahan nafsu makan saat hamil bisa membuat Bumil berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi saat hamil adalah kondisi yang berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi kehamilan, seperti kurangnya air ketuban, cacat tabung saraf pada janin, hingga persalinan prematur.

Untuk mecegah hal tersebut terjadi, Bumil dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih dan mengonsumsi buah tinggi air, seperti timun, semangka, jeruk, dan jambu air.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit
Kandungan air dan serat yang cukup di dalam buah timun sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat tekstur tinja lebih padat serta lembut, sehingga bisa mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil.

3. Mengontrol gula darah
Ibu hamil yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berisiko tinggi mengalami diabetes gestasional. Guna mencegahnya, Bumil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang indeks glikemiknya rendah, seperti timun.

Tidak hanya itu saja, timun juga kaya akan air, serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral. Semua kandungan di dalam timun tersebut baik untuk mendukung kinerja hormon insulin dalam mengendalikan kadar gula darah ibu hamil.

4. Memperkuat imunitas tubuh
Ingin tubuh tetap sehat selama hamil? Yuk, konsumsi buah timun. Buah yang bisa melegakan tenggorokan ini mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan zinc, yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah terinfeksi kuman maupun virus.

5. Mengontrol kenaikan berat badan
Bertambahnya berat badan saat hamil adalah hal yang wajar dan dianjurkan. Namun, hindari kenaikan berat badan yang berlebihan ya, Bumil. Agar kenaikan badan bisa terkontrol, Bumil perlu mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan air, seperti timun, tomat, dan aneka sayuran.

Selain itu, timun juga rendah kalori, jadi tidak akan membuat berat badan naik terlalu drastis saat hamil.

6. Meringankan kram kaki
Kandungan kalium di dalam buah timun cukup melimpah. Mencukupi asupan kalium harian selama hamil bisa meringankan kram kaki yang mungkin Bumil alami.

Selain itu, guna meringankan kram kaki saat hamil, Bumil juga dianjurkan untuk melakukan peregangan, memijat bagian kaki yang terasa kram, serta mengompres kaki dengan air hangat.

7. Membuat kulit kenyal dan sehat
Mengonsumsi buah kaya vitamin C dan antioksidan, seperti timun, jambu, jeruk, atau blueberry, bisa merangsang produksi kolagen di tubuh, sehingga kulit tetap elastis dan kencang.

Selain itu, konsumsi sayuran dan buah, termasuk timun, juga juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit saat hamil, mulai dari kulit menghitam hingga stretch mark.

8. Mengurangi rasa mual
Memiliki rasa yang ringan dan menyegarkan, membuat buah timun cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga nikmat diolah menjadi infused water, lho.

Mengonsumsi infused water timun saat hamil bisa menjadi salah satu alternatif jika Bumil mual ketika minum air putih. Agar lebih enak, Bumil juga bisa menambahkan beberapa helai daun mint, ya.

9. Mengontrol tekanan darah
Punya riwayat hipertensi atau darah tinggi selama hamil? Jika iya, coba deh Bumil rutin mengonsumsi buah timun. Buah ini mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan antioksidan. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kadar garam di dalam tubuh sehingga bisa mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Tekanan darah tinggi saat hamil bukanlah kabar baik. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko preeklamsia pada ibu hamil yang tentunya membahayakan kesehatan ibu dan janin.

10. Meningkatkan fokus
Sering lupa dan nggak fokus melakukan beberapa hal selama hamil? Mungkin Bumil mengalami momnesia atau pregnancy brain. Kondisi ini memang kerap kali dialami oleh sebagian ibu hamil.

Meski tidak membahayakan kehamilan, sering lupa saat hamil tentu bisa bikin Bumil risih. Guna mengantisipasi hal ini, Bumil dianjurkan untuk istirahat yang cukup, rutin berolahraga, mencatat kegiatan sehari-hari, serta memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih dan mengonsumsi buah tinggi air, seperti timun.

Soalnya, cukup terhidrasi sangat baik untuk mendukung kinerja otak sehingga Bumil bisa fokus melakukan beragam kegiatan dan tidak mudah lupa.

Selain manfaat timun untuk ibu hamil yang sudah dipaparkan di atas, beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah ini juga mampu mendukung tumbuh kembang janin. Bahkan, kandungan folat di dalam buah ini bisa mencegah janin lahir cacat, lho.

Mulai sekarang, jangan lupa untuk memasukkan buah ini ke dalam menu harian ya, Bumil. Sebelum mengonsumsinya, pastikan Bumil sudah mencuci buah timun sampai bersih.

Selain mengonsumsi buah timun, penuhi pula kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya. Jika bingung menentukan makanan yang baik dikonsumsi saat hamil, Bumil bisa bertanya langsung kepada dokter saat jadwal kontrol atau melalui chat di aplikasi Alodokter.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index