Perdana, Rokan Hilir Terima Adipura Sebagai Kota Terbersih

Perdana, Rokan Hilir Terima Adipura Sebagai Kota Terbersih
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S.Sos menerima Adipura dari Wakil Menteri KLHK Alie Dohong, di Auditorium dr. Soedjarwo Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Selasa, (5/3/2024).


JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Kabupaten Rokan Hilir melalui Kota Bagansiapiapi menjadi salah satu daerah di Provinsi Riau yang menerima penghargaan Adipura sebagai kota kecil terbersih di Indonesia dari Kementerian KLHK.

Penyerahan piala Adipura yang menjadi supremasi atas pencapaian setiap daerah kabupaten dan kota untuk menciptakan kota yang bersih  tersebut dilakukan di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Penyerahan dilakukan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya, diwakili Wakil Menteri Alie Dohong, di Auditorium dr. Soedjarwo Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Selasa, (5/3/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S.Sos menerima penghargaan tersebut mewakili Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong.

''Kita semua bersyukur atas prestasi yang diraih tahun ini,'' kata Suwandi.

Suwandi mengatakan, tahun 2023 ini, Rokan Hilir meneria penghargaan Adipura untuk kategori Kota Kecil Terbersih.

Capaian ini, jels dia tentunya meningkat dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, dimana Kota Bagansiapiapi sebagai ibukota kabupaten hanya meraih sertifikat Adipura.

"Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil bersyukur atas prestasi ini, dan sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Bupati atas bimbingan dan arahannya, serta kepala OPD terkait dan seluruh masyarakat kabupaten Rokan Hilir atas partisipasi dan dukungannya, dan juga tentunya kepada seluruh petugas kebersihan dan taman yang bekerja keras dalam menata dan mengelola sampah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. Mudahan-mudahan kita bisa mempertahankan kembali prestasi ini di tahun- tahun yang akan datang," ungkap dia penuh sukacita.

Keberhasilan meraih Adipura ini, selain capaian dalam mendukung terciptanya kota  Kota bersih juga diperoleh karena keberhasilan dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

Anugerah Adipura ini sendiri merupakan Adipura pertama yang pernah diperoleh Kabupaten Rokan Hilir sepanjang berdirinya daerah eks Kabupaten Bengkalis ini.

Dan hampir selama 14 tahun pula Pemkab Rokan Hilir berjuang untuk bisa meraih penghargaan bergengsih yang menjadi simbol kota-kota bersih ini.

Tak hanya Adipura untuk 106  kota kecil terbersih , pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan untuk 5 kota  di Indonesia yang berhasil meraih Adipura Kencana.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan Sertifikat Adipura untuk 86 kabupaten/kota.(R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index