Ribuan Warga Saksikan Petang Belimau di Tepian Sungai Siak

Ribuan Warga Saksikan Petang Belimau di Tepian Sungai Siak
Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun saat membuka Petang Belimau di tepian Sungai Siak di Kampung Bandar, Kecamatan Senepelan Pekanbaru, Senin (11/3/2024)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Ribuan masyarakat Kota Pekanbaru tumpah ruah di tepian Sungai Siak di Komplek Rumah Singgah Sultan Siak di Senapelan, Senin (11/03/2024).

Mereka suka cita menyaksikan aneka helat budaya yang ditampilkan bersempena momen memasuki Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah.

Selain itu, layaknya tahun-tahun sebelumnya, puluhan pemuda dan remaja menunjukkan aksi kebolehan mereka dengan terjun dari atas Jembatan Siak III yang menghubungkan wilayah Kecamatan Senepelan dan Rumbai.

Pada momen itu juga, gelaran Petang Belimau yang juga merupakan iven tahunan Pemko Pekanbaru yang menandakan besok sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan dilaksanakan.

Sejumlah remaja dimandikan menggunakan air limau dan aneka kembang sebagai tanda pembersihan diri dan mensucikan hati sebelum melaksanakan ibadah Ramadhan.

Ribuan warga menyaksikan helat budaya yang dilakukan bersamaan dengan momen Petng Belimau di tepian Sungai Siak Kota Pekanbaru, Senin (11/3/2024).

Hadir melakukan penyiraman air limau Penjabat Wlai Kota Pekanbaru Muflihun juga unsur Forkopimda dan pejabat daerah Kota Pekanbaru.

Muflihun pun menyebutkan gelaran yang dimulai dengan ziarah ke makam para pendiri Kota ini merupakan bentuk dari upaya tetap menanamkan tradisi balimau di tengah masyarakat Kota Pekanbaru.

Tak lupa Penjabat Wali Kota Pekanbaru menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga dan berharap momen puasa Ramadhan ini nantinya bisa lebih meningkatkan lagi derajat keimanan bagi seluruh umat Muslim.

''Kami ucapkan selamat melaksanakan ibadah Ramadhan,''ungkap Muflihun yang pada kesempatan itu juga menyampaikan sejumlah program unggulan pemerintah Kota Pekanbaru dihadapan massa warga yang menyaksikan seremoni sebelum dimulainya aksi Balimau di tepian Sungai Siak.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index