Warga Kampar Sukacita Laksanakan Balimau Kasai di Batu Belah

Warga Kampar Sukacita Laksanakan Balimau Kasai di Batu Belah

BANGKINANG (RIAUSKY.COM)- Tradisi Mandi Balimau Kasai, merupakan tradisi budaya Kabupaten Kampar yang dilaksanakan sehari menjalang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Event Balimau Kasai yang dilaksankan di Dermaga Desa Batu Belah Tahun ini di hadiri Pj Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau Drs Zulkifli Syukur, M Si, dan Pj Bupati Kampar Hambali,SE, MH diwakili oleh Pj Sekda Kampar Drs Yusri, M Si.

Asisten I Setdaprov Riau Drs Zulkifli Syukur, M Si,  mengapresiasi seluruh masyarakat Kampar khususnya masyarakat Batu Belah yang telah melaksanakan event balimau kasai ini.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam upaya melestarikan budaya di Kabupaten Kampar,"ujarnya, Senin (11/3/2024).

Zulkifli mengajak kepada masyarakat Kampar untuk terus membudayakan dan meningkatkan tradisi balimau kasai ini. 

“Ini adalah tradisi untuk mensucikan diri menjelang melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadan,"ujar Zulkifli.

Hal senada disampaikan Pj Sekda Kampar Yusri dengan mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga anak-anak saat berada ditengah dan ditepi sungai mengingat saat ini sungai kampar penuh oleh masyarakat, dan Pintu debit waduk PLTA pun sedikit dibuka.

Lebih lanjut Pj Sekda Kampar selaku Datuok Bandaro Mudo ini juga menyampaikan Marhaban ya Ramdadan. Selamat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

“Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh, dan menjalankan ibadah sunat lainnnya. Karean pahala amal ibadah dibulan ramadhan berlipat ganda dibandingkan bulan lainnya,"ucap Yusri

Yusri mengapresiasi panitia pelaksanaan Balimai Kasai khususnya di Batu Belah, yang sebelumnya telah melaksanakan berbagai agenda perlombaan dan Sampan Hias.

Diakhir kegiatan Pj Sekda Kampar bersama Asisiten I Sekdaporv Riau dan rombongan lainnya melakukan penyiraman Limau Kasai secara simbolis di tepi sungai Kampar.

Usai pelaksanan di Batu Belah, Sekda Kampar bersama Asisiten I Sekdaporv Riau dan rombongan menyusuri sungai kampar dengan menggunakan perahu karet dan menghadiri kegiatan Balimau Kasai yang dilaksanakan masyarakat Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara.(mc)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index