Jus untuk Diare agar Tidak Kekurangan Cairan

Jus untuk Diare agar Tidak Kekurangan Cairan
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Jus untuk diare bisa mencegah dehidrasi yang kerap terjadi saat diare. Soalnya, jus ini mengandung banyak air dan elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat terlalu sering buang air besar. Selain itu, ada juga jus yang kaya akan nutrisi untuk mempercepat penyembuhan diare, lho.

Diare adalah kondisi ketika tubuh sering buang air besar, bahkan bisa lebih dari 3 kali dalam sehari, dengan tekstur tinja yang encer atau berair. Kondisi ini bisa membuat orang yang sedang diare kehilangan banyak cairan tubuh sehingga berisiko mengalami dehidrasi.

Biasanya, diare bisa diatasi dengan minum lebih banyak air dan oralit, serta mengonsumsi makanan rendah serat. Selain itu, untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi karena diare, kamu juga bisa minum jus untuk diare.

Berbagai Jus untuk Diare
Jus untuk diare bisa mencegah dehidrasi karena mengandung air dan elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh. Selain itu, beberapa jus ini juga mengandung nutrisi lain yang bisa mempercepat penyembuhan diare.  

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan jus untuk diare yang bisa kamu coba:

1. Jus apel
Apel adalah salah satu buah yang bisa dijadikan jus untuk diare karena kaya akan air, vitamin, dan mineral. Namun, biar lebih aman, pilihlah buah apel yang manis, ya. Hindari mengolah jus apel yang asam, misalnya apel hijau, karena bisa mengiritasi usus.

Selain itu, kalau ingin minum jus apel saat diare, pastikan untuk membuang kulitnya terlebih dahulu, ya. Soalnya, kulit apel mengandung banyak serat tak larut yang justru bisa membuat usus bekerja lebih berat dan memperburuk diare.

Jus apel juga sebaiknya dibuat lebih encer dengan menambahkan air. Hal ini dilakukan agar gula di dalam jus tidak terlalu banyak. Soalnya, apel sudah mengandung gula dan konsumsi gula yang terlalu banyak justru bisa memperburuk diare.

2. Jus tomat
Seperti apel, tomat juga merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Mengonsumsi buah tomat, termasuk dengan cara dijus, bisa mencegah dehidrasi karena diare.

Tidak hanya mengandung banyak air, tomat juga kaya akan kalium, yakni salah satu mineral yang berfungsi sebagai elektrolit. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang bersama cairan tubuh karena diare.

Namun, jus tomat ini cenderung asam, sehingga bisa berisiko mengiritasi usus dan memperparah diare. Jadi, saat hendak membuat jus untuk diare yang satu ini, pastikan kamu menambahkan lebih banyak air putih, ya.

3. Jus melon
Melon adalah salah satu buah yang kandungan airnya tinggi. Tidak heran kalau buah ini menyegarkan dan banyak disukai. Selain itu, jus melon juga bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi karena diare, lho. Bukan cuma karena kandungan airnya, tetapi juga karena kadar kaliumnya yang cukup tinggi.

4. Jus kelapa
Pernahkah kamu mendengar tentang coconut shake? Ini adalah minuman yang dibuat dengan memblender halus air dan daging kelapa. Ternyata, minuman ini juga cocok diminum saat diare, lho.

Ini karena jus kelapa atau coconut shake mengandung elektrolit, air, dan gula, yang bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan energi selama diare.

Kalau tidak terlalu suka coconut shake, kamu juga bisa minum air kelapa langsung, lho. Hal ini karena air kelapa sendiri kaya akan elektrolit dan bisa jadi alternatif minuman untuk diare.

5. Jus buah naga
Jus buah naga termasuk salah satu jus untuk diare, lho. Selain tidak bersifat asam, buah naga juga tidak banyak mengandung serat tak larut sehingga tidak memperparah diare. Justru, buah ini mengandung serat prebiotik yang bermanfaat untuk meredakan diare.

Kalau dikonsumsi rutin, prebiotik bisa mencegah berbagai masalah pencernaan, termasuk diare. Hal ini karena prebiotik bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bakteri ini berfungsi menjaga kesehatan usus sehingga kamu terbebas dari diare.

6. Jus pisang
Pernahkah kamu disarankan makan buah pisang saat diare? Buah ini memang bagus dikonsumsi ketika kamu mengalami kondisi ini, termasuk dengan cara dijus. Selain bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang, jus pisang juga bisa memberikan energi bagi tubuh sehingga kamu tidak mudah lemas ketika sedang diare.

7. Jus alpukat
Jus alpukat merupakan salah satu jus untuk diare yang aman dan baik untuk dikonsumsi. Soalnya, meskipun tidak encer, jus buah ini mudah dicerna karena teksturnya lembut.

Selain itu, jus ini juga mengandung banyak kalium yang bisa menggantikan elektrolit yang hilang karena diare dan bagus untuk fungsi organ pencernaan.

Itulah berbagai jus untuk diare yang bisa kamu minum agar lekas sembuh. Selain minum berbagai jus di atas, kamu juga perlu menerapkan beberapa cara lain untuk mengatasi diare. Misalnya, minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan rendah serat seperti telur, nasi, atau kentang. Selain itu, hindari olahan susu, alkohol, kafein, dan makanan berlemak, ya.

Jika sudah minum air yang cukup dan minum jus untuk diare tetapi diare tidak membaik setelah 2 hari atau justru diiringi gejala dehidrasi, seperti tubuh lemas, bibir kering, dada berdebar, bahkan kehilangan kesadaran, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index