Rambut Lepek, Ini Penyebab, Cara Mengatasi, dan Saran agar Terlihat Lebih Mengembang

Rambut Lepek, Ini Penyebab, Cara Mengatasi, dan Saran agar Terlihat Lebih Mengembang

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Rambut lepek adalah kondisi yang sebenarnya bisa diatasi, asalkan Anda tahu penyebabnya. Beberapa tips sederhana pun bisa membuat rambut lepek menjadi terlihat lebih mengembang, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai “senjata” ampuh untuk mengatasi rambut lepek di waktu mendesak.

Rambut lepek ditandai dengan rambut yang tampak mengilap, berminyak, dan kotor. Siapa saja bisa mengalami kondisi ini, tetapi orang yang memiliki rambut lurus dan tipis lebih rentan mengalami rambut lepek karena minyak akan melapisi atau lebih mudah menyerap ke batang rambut.

Rambut lepek bisa disebabkan oleh banyak hal dan perlu untuk diatasi dengan tepat supaya kondisi ini tak selalu terjadi. Dengan demikian, Anda bisa tampil lebih percaya diri.

Penyebab Rambut Lepek
Rambut lepek umumnya terjadi ketika kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih. Penyebab dari kondisi ini sendiri beragam, di antaranya:

1. Keringat berlebih
Orang yang banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan lebih rentan mengalami rambut lepek, terutama bila cuaca sedang terik. Hal ini terjadi karena tubuh akan memproduksi lebih banyak keringat sebagai upaya untuk mendinginkan diri.

Keringat yang diproduksi tubuh ini akan membuat minyak di kulit kepala lebih mudah menempel ke rambut sehingga rambut menjadi lepek dan kotor.

2. Terlalu sering keramas
Tubuh akan mengirimkan sinyal ke kulit kepala untuk memproduksi minyak lebih banyak saat Anda keramas terlalu sering. Hal ini mengakibatkan rambut menjadi berminyak dan mudah lepek.

3. Salah pakai produk perawatan rambut
Rambut lepek juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, seperti produk yang mengandung silikon. Silikon memang dapat membuat rambut menjadi halus, tetapi kandungan ini juga akan memberikan efek kilau yang ekstra sehingga menjadikan rambut tampak lebih lepek dan berminyak.

Sama halnya dengan silikon, penggunaan gel rambut yang biasa digunakan untuk menata rambut juga dapat membuat rambut lepek. Pasalnya, gel rambut umumnya berbahan dasar minyak.

4. Sering memegang rambut
Kebiasaan memegang rambut, terutama saat tangan dalam keadaan kotor, bisa membuat rambut lepek. Ini karena minyak atau kotoran yang menempel di jari dan telapak tangan mungkin untuk berpindah ke rambut.

5. Pakai alat styling dengan suhu tinggi
Pemakaian alat styling rambut, seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut, bisa membuat rambut menjadi lepek, apalagi jika Anda menyetelnya dalam suhu yang tinggi. Suhu panas yang dihantarkan bisa membuat kulit kepala teriritasi sehingga merangsang produksi minyak berlebih. Dampaknya, rambut menjadi lepek dan berminyak.

6. Pakai topi atau jilbab yang tidak menyerap keringat
Penyebab rambut lepek juga bisa karena pemakaian topi atau jilbab yang tidak menyerap keringat. Topi dan jilbab yang tidak menyerap keringat bisa memerangkap keringat dan kotoran di kepala, yang akhirnya membuat rambut menjadi lepek dan lembap.

Cara Mengatasi Rambut Lepek 
Ada banyak macam cara mengatasi rambut lepek di rumah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah cara mengatasi rambut lepek yang perlu diterapkan secara konsisten atau berkelanjutan agar masalah rambut lepek tak lagi menghampiri:

Keramas sehari sekali supaya kotoran, minyak berlebih, dan sisa produk perawatan yang menempel di rambut terangkat.
Pakai sampo yang mengandung asam salisilat karena kandungan ini mampu membersihkan sekaligus mengangkat minyak berlebih yang ada di kulit kepala dan rambut.
Keramas dengan benar, yaitu tidak menggosok kulit kepala dan rambut secara kencang karena ini justru bisa membuat kulit kepala teriritasi. Efeknya rambut justru semakin berminyak.
Oleskan kondisioner pada ujung rambut saja. Mengoleskan kondisioner sampai ke kulit kepala justru bisa membuat rambut rentan untuk lepek.
Bersihkan sisir secara rutin supaya kotoran dan minyak yang menempel di sisir bisa terangkat. Dengan demikian, perpindahan kotoran dan minyak dari sisir ke rambut bisa diminimalkan.
Pakai jilbab dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Bila perlu, bawalah jilbab cadangan saat Anda sedang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.
Saran agar Rambut Lepek Terlihat Lebih Mengembang
Selain cara tersebut, ada pula cara yang bisa diterapkan untuk membuat rambut lepek terlihat lebih mengembang. Cara ini bisa diterapkan pada keadaan darurat, yaitu saat rambut sudah dalam keadaan lepek tetapi Anda sedang terburu-buru atau tidak sempat keramas. Berikut ini adalah beberapa cara membuat rambut menjadi mengembang:

Menyemprotkan dry shampoo
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa penggunaan dry shampoo bisa mengatasi rambut lepek dengan seketika. Cara menggunakan dry shampoo juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkannya ke kulit kepala dengan jarak  3 cm.

Setelah itu, pijat kulit kepala secara lembut supaya minyak dan kotoran di kulit kepala terserap. Dengan demikian, rambut akan tampak lebih mengembang.

Menabur bedak tabur ke rambut yang lepek
Jika Anda tidak memiliki dry shampoo, Anda dapat memanfaatkan bedak tabur untuk menghilangkan minyak di rambut yang menyebabkan rambut terlihat lepek. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu menaburkan bedak tabur ke kulit kepala secukupnya memakai spons bedak, lalu pijat secara perlahan. Rambut lepek akan hilang.

Menempelkan kertas minyak ke rambut
Kertas minyak yang biasa digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut lepek, lho.  Anda hanya perlu menepuk-nepuk kertas minyak ini ke kulit kepala dan akar rambut secara perlahan.

Minyak dan kotoran yang ada di rambut akan menempel ke kertas minyak tersebut. Hasilnya, rambut lepek menjadi berkurang.

Menyeka rambut dengan tisu basah
Menyeka akar rambut memakai tisu basah juga mampu membuat rambut lepek menjadi lebih mengembang. Ini karena dalam tisu basah biasanya termuat kandungan alkohol yang dapat menyerap minyak di kulit kepala dengan baik sehingga efektif dalam mengatasi rambut lepek dalam seketika.

Karena efektivitasnya cukup baik, beberapa brand kini sudah mengeluarkan tisu basah khusus untuk mengatasi rambut lepek.

Melakukan blow rambut
Untuk memaksimalkan hasil, Anda dianjurkan untuk melakukan blow rambut menggunakan hair dryer setelah menerapkan tips di atas. Ini dapat membuat rambut lepek menjadi mengembang dalam sekejap karena panas yang dihantarkan hair dryer bisa memaksimalkan penyerapan minyak yang ada di kulit kepala dan rambut.

Rambut lepek perlu penanganan yang tepat dan perlu ketelatenan dalam merawatnya. Oleh karena itu, atasi kondisi ini dengan perawatan yang tepat dan konsisten supaya rambut bisa lebih mengembang dan tebal.

Bila berbagai perawatan di atas sudah diterapkan tetapi masalah rambut lepek masih juga tidak teratasi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Dokter akan memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut yang Anda miliki sehingga rambut mengembang kembali dan tampak lebih sehat.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index