Pantangan setelah Minum Obat Kolesterol yang Tidak Boleh Diabaikan

Pantangan setelah Minum Obat Kolesterol yang Tidak Boleh Diabaikan
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Pantangan setelah minum obat kolesterol penting diperhatikan agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal. Dengan demikian, kadar kolesterol dapat terkontrol dengan baik sehingga risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke bisa berkurang.  

Siapa saja bisa mengalami kolesterol tinggi, tetapi orang dengan rentang usia 40–59 tahun lebih rentan mengalaminya. Ini karena pertambahan usia membuat metabolisme tubuh menurun dan kemampuan hati dalam membersihkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh juga tidak sebaik ketika masih muda.

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, Anda dianjurkan untuk menjaga berat badan, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan berhenti merokok. Selain itu, kadar kolesterol yang sangat tinggi dan bergejala perlu diobati dengan obat kolesterol dari dokter.

Agar obat tersebut bekerja dengan baik, ada pantangan setelah minum obat kolesterol yang tidak boleh diabaikan.

Pantangan Setelah Minum Obat Kolesterol 
Meski efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, obat kolesterol tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Selain ada efek samping yang ditimbulkan, konsumsi obat ini bisa menjadi tidak efektif ketika Anda tidak memperhatikan pantangan setelah minum obat kolesterol.

Pantangan setelah minum obat kolesterol sendiri sangat beragam, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mengonsumsi makanan  yang mengandung lemak jenuh
Setelah mengonsumsi obat kolesterol, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging berlemak, makanan bersantan, mentega, cokelat, kue, dan keju.

Pantangan setelah minum obat kolesterol ini perlu untuk dilakukan karena makanan yang mengandung lemak jenuh justru bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hasilnya, obat kolesterol yang dikonsumsi pun tidak bekerja dengan optimal.

2. Melahap makanan yang tinggi kolesterol
Konsumsi makanan yang tinggi kolesterol juga menjadi pantangan setelah minum obat kolesterol. Pasalnya, hal ini juga dapat membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi melonjak sehingga kinerja obat kolesterol menjadi tidak efektif.

Beberapa makanan tinggi kolesterol yang perlu dihindari konsumsinya setelah minum obat kolesterol adalah telur, keju, kepiting, udang, kerang, daging berlemak, jeroan, gorengan, dan junk food.

3. Mengonsumsi atau meminum jus grapefruit
Setelah mengonsumsi obat kolesterol, khususnya golongan simvastatin, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi grapefruit (jeruk bali merah) atau olahannya. Alasannya, buah ini mengandung senyawa furanocoumarin yang dapat meningkatkan kadar simvastatin.

Efeknya, sejumlah efek samping obat berupa nyeri otot dan sendi pun mungkin muncul. Bahkan, efek samping serius lain juga mungkin terjadi, seperti gangguan pencernaan, peningkatan kadar gula darah, serta kerusakan otot dan hati.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula
Konsumsi makanan atau minuman tinggi gula harus dihindari setelah Anda mengonsumsi obat kolesterol. Ini karena konsumsi makanan atau minuman tinggi gula dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Tidak menjauhi pantangan setelah minum obat kolesterol ini dikhawatirkan penurunan kadar kolesterol tidak terjadi atau tidak berkurang banyak meskipun sudah meminum obat kolesterol.

5. Meminum alkohol
Meskipun tidak memberikan reaksi secara langsung, mengonsumsi minuman beralkohol setelah minum obat kolesterol sebaiknya dihindari. Alasannya, mengonsumsi keduanya secara bersamaan bisa meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Selain itu, minum alkohol setelah mengonsumsi obat kolesterol juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hati.

6. Meminum teh hijau
Minum teh hijau juga merupakan salah satu pantangan setelah minum obat kolesterol. Pasalnya, mengonsumsi teh dan obat secara berbarengan bisa meningkatkan kadar simvastatin dalam darah.

Kondisi tersebut bisa merugikan kesehatan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan hati. Bahkan, minum teh hijau dan obat kolesterol secara bersamaan juga diduga dapat memicu kerusakan jaringan otot rangka (rhabdomyolysis), meskipun efek samping ini terbilang jarang terjadi.

7. Merokok
Merokok menjadi salah satu pantangan setelah minum obat kolesterol karena kebiasaan ini bisa mengurangi kinerja obat kolesterol. Tak hanya itu, merokok juga berkontribusi terhadap meningkatnya kadar kolesterol jahat dan menurunnya kadar kolesterol baik.

Ini karena radikal bebas dalam asap rokok dapat mengurangi kemampuan kolesterol baik dalam membersihkan kolesterol yang menempel di dinding arteri. Efeknya, kadar kolesterol jahat pun meningkat.

Dengan menghindari pantangan setelah minum obat kolesterol, efektivitas obat kolesterol yang dikonsumsi bisa bekerja secara maksimal dan efek sampingnya bisa diminimalkan. Selain itu, minumlah obat sesuai anjuran dokter dan hindari konsumsinya berbarengan dengan obat lain, khususnya obat herbal.

Bila obat kolesterol sudah dikonsumsi sesuai anjuran dan pantangan setelah minum obat kolesterol telah diterapkan tetapi kadar kolesterol tidak juga menurun, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kembali kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi ulang pemberian obat kolesterol supaya kadar kolesterol bisa turun. (R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index