Ribuan Pengunjung Padati Pantai Sungai Rokan, Saksikan Festival Perahu Hias Sedinginan Tengah

Ribuan Pengunjung Padati Pantai Sungai Rokan, Saksikan Festival Perahu Hias Sedinginan Tengah

ROKAN HILIR (RIAUSKY.COM) - Ribuan Pengunjung dari berbagi daerah menyaksikan festival perahu hias yang diadakan Ikatan Pemuda Sedinginan Tengah Bersatu ( IPSTB), Sabtu (13/4/24) sore.

Dari pantauan awak media di lapangan, terlihat ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati pantai Sungai Rokan. Untuk menyaksikan perlombaan perahu hias yang di dibuat IPSTB.

"Alhamdulillah, dalam rangka memeriahkan hari lebaran Idul Fitri 1445 H, Ikatan Pemuda Sedinginan Tengah Bersatu (IPSTB) 
Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir sukses menggelar  festival lomba perahu hias. Setidaknya tadi, ada 10 perahu hias ikut serta dalam memeriahkan festival.

Kita lihat tadi ada ribuan pengunjung yang menyaksikan perahu nelayan yang dihiasi didalam perlombaan. Dari ribuan pengunjung tersebut ada saudara kita yang berasal dari Pekanbaru, Dumai dan Duri mereka sengaja pulang kampung hanya untuk menyaksikan festival ini," kata Usman Tambusai yang disampaikan oleh M Syafrudin SE selaku ketua panitia.

"Lebih lanjut dijelaskan nya, bahwa festival perahu hias pertama sekali di lakukan di kabupaten rokan hilir. Ini baru pertama sekali di lakukan festival perahu hias diadakan di Rohil tepatnya di Kelurahan Sedinginan, tepatnya di Kampung Tengah Sedinginan.

Kita kan tahu, bahwa Sedinginan Tengah merupakan daerah yang berada di tepian sungai Rokan. Kebanyakan mata pencarian masyarakat Kampung Tengah merupakan nelayan. Sehingga keberadaan perahu sangat erat dan dibutuhkan dalam aktivitas keseharian.

Oleh karena itu, selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat, lomba perahu hias ini dapat semakin memberikan semangat kepada masyarakat khususnya yang berada di bibir sungai Rokan untuk merawat dan memperindah perahunya. Sehingga bersemangat untuk mencari ikan.

Kami juga minta dukungan dari pemerintah kabupaten rokan hilir, terutama dinas pariwisata. Mari lihat kami dan dukung kami supaya acara kegiatan
bisa dilaksanakan setiap tahun nya," ungkapnya.

Selain perahu hias, ada beberapa perlombaan yang digelar panitia. Seperti, lomba memarut kelapa, lomba tarik tambang, pacu gondi, panjat pinang dan lain lain. Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan baik dan sukses, tutup Syafrudin.(R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index