Belasan Ribu Kendaraan Mengular di lintas Riau-Sumut Dinihari Hingga Siang Tadi

Belasan Ribu Kendaraan Mengular di lintas Riau-Sumut Dinihari Hingga Siang Tadi
Kepadatan arus lalu lintas di lintas Riau-Sumut di Rokan Hilir menjelang memasuki Ujung Tanjung./ Sumber Foto: riausky.com

BAGANBATU (RIAUSKY.COM)- Arus balik kendaraan selepas momen Idul Fitri pada H+5, Ahad dan Senin (14-15/4/2024) di lintas Riau-Sumut terpantau mengalami lonjakan yang signifikan.

Dari pantauan riausky mulai dari pintu kelua tol Kisaran Sumatera Utara hingga memasuki wilayah Baganbatu, Rokan Hilir, Riau pada Ahad malam  dan Senin dinihari, kepadatan lalu lintas diperkirakan mencapai puncaknya.

Ada belsan ribuan kendaraan roda empat dan roda dua  melintas semenjak siang hingga dinihari  yang menyebabkan badan jalan menjadi sangat padat.

Bahkan, tak hanya dari wilayah Sumatera Utara menuju Riau, dari arah Riau menuju Sumatera Utara pun terpantau kepadatan lalu lintas mengular.

Kepadatan tersebut juga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang dan lama dikarenakan banyaknya kendaraan yang mencoba menerobos jalur kendaraan yang berlawanan, khususnya dari arah SUmatera Utara menuju Riau.

Kemacetan sudah mulai terasa semenjak dari pintu keluar tol Kisaran hingga memasuki wilayah Rantau Prapat.

Selanjutnya memasuki wilayah Aek Nabara Selatan hingga kota Pinang hingga perbatasan Riau di Torgamba, meski tidak mengalami kemacetan, namun arus lalu lintas sangat padat, khususnya menjelang dinihari hingga memasuki subuh.

Kepadatan itu juga yang menyebabkan banyak pengendara yang akhirnya memilih memanfaatkan istirahat di sekitar area SPBU di perbatasan Riau-Sumut.

Tak hanya kendaraan berpelat nomor polisi BK dan BM, dari pantauan kami juga terlihat banyak kendaraan bernomor polisi dari pulau jawa seperti B, A, F, D, S, BH, BG, BE yang melintasi wilayah Sumut-Riau sepanjang dinihari hingga siang hari tadi.

Dikarenakan kepadatan arus lalu lintas ini juga, waktu tempuh rata-rata kendaraan juga cukup panjang.

Bila-rata-rata jarak tempuh dari Kota Medan menuju Pekanbaru berkisar 14-15 jam, sepanjang arus balik Idul Fitri tahun ini bisa mencapai 20 hingga 22 jam.

Dari pantauan kami juga, sepanjang Ahad malam hingga Senin dinihari, di wilayah Sumatera Utara, ada ratusan aparat kepolisian bersiaga mengatur arus kendaraan agar tidak terjadi kemacetan.

Bahkan, di daerah Aek Kanopan, ratusan aparat kepolisian, Dinas Perhubungan melakukan buka tutup arus lalu lintas dan pengalihan kendaraan agar tidak terjadi kemacetan.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index