Puncak HUT Ke-44 Dekranas, Upaya Melestarikan Kerajinan Lokal Sebagai Warisan Budaya

Puncak HUT Ke-44 Dekranas, Upaya Melestarikan Kerajinan Lokal Sebagai Warisan Budaya

SOLO (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis turut serta pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, 15 Mei 2024.

Menurut Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkalis, Ira Vandriyani, perayaan HUT Ke-44 Dekranas menjadi wahana untuk menguatkan komitmen bersama dalam melestarikan kerajinan lokal sebagai warisan budaya.

Hal ini selaras dengan tema yang diusung, yaitu "tumbuh bersama, majukan warisan budaya".

Diuraikan istri Sekda Bengkalis itu, kerajinan lokal sebagai wujud perpaduan keterampilan dalam menciptakan suata karya bernilai keindahan, merupakan bagian tidak terpisahkan dari suatu kebudayaan.

"Bagaimana agar budaya lokal yang telah dikembangkan tidak hilang. Maka disini peran Dekranasda bagaimana menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya lokal," ujarnya.

Selain menjaga keberadaan hasil kerajinan budaya lokal, Ira juga berharap agar Dekranasda mampu mengembangkan nilai ekonomi dari kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat, khususnya pengrajin Kabupaten Bengkalis.

"Dekranasda harus menjadi wadah yang menjembatani pemerintah dengan para pengrajin dalam menjaga dan mengembangkan potensi budaya tempatan khususnya dari sisi hasil kerajinan" tegasnya.

Sempena HUT ke-44 Dekranas, Ira juga tak luput mengapresiasi atas dedikasi, semangat, dan kerja keras Dekransada Kabupaten Bengkalis dalam mengangkat derajat kerajinan Negeri Junjungan selama ini.

Tentu saja, Ia juga menaruh harapan agar kedepannya organisasi yang pimpin istri Wakil Bupati, Siti Aisyah itu lebih meningkatkan peran dan kontribusi dalam membangun kemandirian kerajinan daerah, demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang bermarwah, maju dan sejahtera.

Terkait perayaan HUT ke-44 Dekranas, Ira sangat mengapresiasi kegiatan yang dibuka oleh Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Hj. Wuri Ma’ruf Amin.

"Kami sangat mengapresiasi. Berbagai kegiatan yang digelar diharapkan bisa menambah wawasan yang lebih luas lagi bagi pengurus Dekranasda selain juga bisa berbagi pengalaman dengan pengurus dan kader dari daerah lain," pungkasnya.

Dari Bengkalis, selain Wakil Ketua Ira Vandriyani kegiatan yang diisi dengan kirab budaya, pameran, dan panggung kesenian ini ikut serta Sekretaris Dekranasda Alfakhrurazy, Ketua Harian Zulpan dan Anggota Promosi dan Humas, Dr H Suwarto.(diskom)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index