7 Ton Komoditas Pangan GPM di Sungai Sibam Habis Dibeli Warga

7 Ton Komoditas Pangan GPM di Sungai Sibam Habis Dibeli  Warga
Suasana pelaksanaan GPM di Jalan Beringin Sungai Sibam Kecamatan Binawidya, Rabu (22/5/2024).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) benar-benar menjadi momennya masyarakat berbelanja, tak terkecuali warga di Jalan Beringin Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya.

Dalam kegiatan GPM yang dilaksanakan di Halaman Masjid Az-zikra, Rabu (22/5/2024), seluruh komoditas pangan yang disediakan ludes dibeli warga.

Total ada sebanyak 7 ton komoditas pangan terdiri dari beras SPHP, beras premium anak daro, gula, minyak goreng, telur langsung menjadi incaran berbelanja warga.

Dari pantauan di lapangan, semenjak pukul 09.00 WIB kegiatan GPM dimulai, warga mulai datang berbelanja. Dengan pola antrean, warga yang hendak berbelanja pun dapat lebih santai dan rileks berbelanja tanpa harus saling berdesakan.

Hingga sekitar pukul 12.30 WIB menjelang Zuhur, seluruh komoditas pangan sudah habis terjual.

Umumnya warga mencari beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) keluaran Bulog. Karena harganya yang relatif terjangkau dan kualitasnya yang menurut warga saat ini sudah sama dengan beras premium.

Dari sekitar tiga ton beras SPHP bulog dan 1 ton beras Anak Daro  yang disediakan, seluruhnya dibeli warga. Bahkan, masih banyak warga yang akhirnya harus rela tidak dapat berbelanja beras SPHP karena stok yang tersedia habis.

Pada GPM di Jalan Beringin Sungai Sibam ini, beras SPHP dijual seharga Rp58.000 per kemasan 5 kilogram. Dan masing-masing warga hanya diperkenankan membeli beras SPHP sebanyak 3 kemasan.

Adapun untuk beras Anak Daro, dijual bebas dengan harga yang juga jauh lebih murah dari harga pasar, yakni Rp160.000 per kemasan 10 kilogram.

Pada GPM ini, juga disediakan sebanyak 1,5 ton minyak goreng kemasan premium Palmata juga sekitar 600 kilogram gula pasir Rosebrand.

Mitauli, salah seorang warga yang berbelanja mengaku sangat senang dengan pelaksanaan GPM ini. Karena, memang saat ini, harga beberapa komoditas pangan sedang mahal.

''Kan memang harga di pasar sekarang ini sedang naik. Makanya kita senang dan terbantulah dengan kegiatan GPM di sini,'' jelas dia.

Tak hanya Mitauli, Ana, warga lainnya mengaku kalau dia langsung beranjak dari rumah begitu mendapat informasi GPM di Masjid Az-zikra ini.

''Tempat kami ini kan memang jauh dari pasar. Jarang sekali ada GPM di sini. Makanya, ketika ada pangan murah, kami langsung datang. Saya memang khusus mencari beras. Kalau bisa beli lebih banyak pasti saya beli. Tapi di sini dibatasi hanya 3 kemasan 5 kilogram. Tapi tak apalah, yang penting dapatlah kami beras yang harganya murah ini,'' jelas Ana yang datang bersama sejumlah tetanggaya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pekanbaru Dinal Husna menyebutkan pada pelaksanaan GPM kali ini ada sekitar 7 ton komoditas pangan yang disediakan.

Penetapan Jalan Beringin Sungai Sibam ini, kata dia, karena termasuk daerah yang jauh dan perlu dukungan untuk keterjangkauan warga terhadap akses pangan.

Dia pun mengapresiasi minat berbelanja warga dan suasana tertib selama pelaksanaan GPM.

Pada pelaksanaan GPM ini, jelas DInal, beras SPHP dijual seharga Rp58.000 per ekmasan 5 kilogram, beras Anak Daro seharga Rp160.000 per kemasan 10 kilogram dan Rp80.000 kemasan 5 kilogram.

Selanjutnya gula pasir dijual Rp16.000 per kilogram, minyak goreng Rp14.000 perkilogram serta telur ayam Rp46.000 per papan.(R06)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index