Bantu Sesama, RAPP Antarkan Rp 195 Juta Bantuan Bencana Sumbar dan Himpun 1.192 Kantong Darah pada Donor Darah ke-67

Bantu Sesama, RAPP Antarkan Rp 195 Juta Bantuan Bencana Sumbar dan Himpun 1.192 Kantong Darah pada Donor Darah ke-67
Suasana donor darah massal ke-67 yang digelar KDD Riau Kompleks di Hotel Unigraha, Pangkalankerinci, Pelalawan, Sabtu (24/2/2024).

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM)  - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) , salah satu perusahaan pulp dan kertas terkemuka di Indonesia, kembali menggelar kegiatan donor darah massal, Sabtu (25/5/2024) dan berhasil mengumpulkan hingga 1.192 kantong darah. Seiring dengan kegiatan ini, juga dilakukan pelepasan Tim Peduli Korban Bencana Alam Sumatera Barat (Sumbar) dengan membawa bantuan senilai Rp195 juta.

Kegiatan donor darah ke-67 yang digelar di Hotel Unigraha, Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci ini telah rutin digawangi Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Kompleks dan selalu diikuti dengan antusias oleh ribuan karyawan dan keluarga karyawan.

Donor darah massal yang bertujuan untuk mendukung ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) ini, bekerja sama dengan PMI Pekanbaru dan PMI Kabupaten Pelalawan. Total pendaftar donor mencapai 1.250 orang.

Dari 1.192 kantong darah yang terkumpul, disalurkan  1.082 kantong kepada Unit Donor Darah (UDD) PMI Pekanbaru dan 110 kantong kepada UDD PMI Pelalawan.

Salah satu pendonor, Edward dari Bisnis Unit (BU) Paper mengaku sangat antusias mengikuti donor darah massal ini. Bersama pendonor lainnya, ia dengan sabar antre menunggu dipanggil panitia untuk memasuki ruangan pengambilan darah.

"Bagi saya ini yang ke-4 kalinya. Saya antusias karena ingin berbagi, membantu orang-orang yang membutuhkan. Dan harapan saya, melihat ramainya antrean mungkin ke depannya bisa ditambah bed untuk donor agar lebih cepat," sebutnya, seraya menekankan, pada donor darah massal yang selanjutnya akan terus menerus ikut.

Sementara itu, tim panitia dari PMI Pekanbaru dr Nia Permatasari menyampaikan rasa terima kasih kepada warga Riau Kompleks yang dalam setiap kesempatan, selalu antusias mendonorkan darahnya.

“Sama dengan donor darah massal sebelumnya, peserta pendonor di Riau Kompleks selalu banyak. Kami sangat bangga dengan kesadaran tinggi warga Riau Kompleks untuk membantu sesama. Dengan donor darah ini stok darah di PMI sangat terbantu. Terima kasih juga kepada panitia dan relawan yang mengadakan kegiatan ini hingga berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Ketua KDD Riau Kompleks Nurul Azmi, mengatakan, donor darah sudah menjadi kebiasaan karyawan dan mitra, serta para keluarga, karena banyak manfaatnya, terutama bisa membantu sesama.

"Terima kasih kepada PMI Pekanbaru dan PMI Pelalawan yang kerjasama dengan KDD Riau Kompleks. Semoga kebersamaan ini terus terjalin. Terima kasih kepada panitia, seluruh pendonor, dan relawan yang selalu datang apabila ada kegiatan donor darah. Semoga berkah selalu dilimpahkan kepada seluruh relawan dan pendonor," harap Azmi.

Wakil Direktur RAPP Suhdi Yaqub mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam donor darah di Riau Kompleks. Terlebih kepada para panitia, yakni KDD Riau Kompleks yang telah rutin menggelar donor darah massal ini.

"Kami sangat menghargai partisipasi semua pihak dalam kegiatan donor darah ini. Setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi yang membutuhkan. Kegiatan ini adalah simbol solidaritas kita kepada sesama," ungkap Suhdi Yaqub.

Dalam kesempatan ini, dia juga melakukan pelepasan Tim Peduli Korban Bencana Alam Sumbar dari keluarga besar karyawan RAPP dan PT Asia Pacific Rayon (APR) untuk keluarga karyawan dan warga terdampak bencana alam di Sumbar.

Katanya, kegiatan donor darah massal dan pengumpulan, serta pengantaran bantuan ke Sumbar untuk para korban bencana telah menunjukkan komitmen perusahaan dan para karyawannya untuk terus berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini selaras dengan prinsip 5 C perusahaan, yakni baik untuk community (masyarakat), costumer (pelanggan), country (negara), climate (iklim), dan company (perusahaan).

"Terima kasih kepada panitia yang menghimpun dan mengantarkan bantuan untuk Sumbar. Rasa solidaritas memang perlu kita pupuk karena manfaatnya sangat besar. Uluran tangan dari kita sangat bermanfaat bagi mereka. Harapan kita, bantuan yang terkumpul dari rekan-rekan keluarga dan karyawan bisa bermanfaat bagi keluarga kita yang ditimpa musibah di Sumbar," sebutnya lagi.

Ketua Tim Peduli Korban Bencana Alam Sumbar, Doni Febrian menyampaikan terima kasih kepada panitia yang sudah melakukan penggalangan dana sehingga terkumpul senilai Rp195 juta.

"Terima kasih kepada bapak ibu semua, sebagai karyawan-karyawati Riau Kompleks yang telah berdonasi untuk saudara-saudara kita di Sumbar. Semoga ini semua menjadi sedekah jariyah yang pahalanya berlipat ganda bagi bapak ibu semua dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Sumbar," ungkapnya.

Untuk diketahui, RAPP adalah anak perusahaan dari APRIL Group, bagian dari Royal Golden Eagle (RGE), yang bergerak di bidang produksi pulp dan kertas berkualitas tinggi. Berkantor pusat di Pangkalan Kerinci, RAPP telah beroperasi sejak tahun 1993 dan dikenal dengan komitmennya terhadap praktik bisnis yang berkelanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index