Selasa DKP Gelar Pekan Pangan Lokal, Semua Jajanan Lokal Ada di Sini...

Selasa DKP Gelar Pekan Pangan Lokal, Semua Jajanan Lokal Ada di Sini...

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Bersempena Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-240, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru, akan menggelar iven Pekan Pangan Lokal, Selasa (11 Juni 2024). 

Aneka kuliner olahan akan ditampilkan dan bisa dibeli oleh masyarakat dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik.

Tak hanya itu, pengunjung iven yang akan dilaksanakan di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru ini juga akan mendapatkan voucher belanja pangan olahan yang disediakan oleh puluhan kelompok kampung pangan binaan Pemko Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pekanbaru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, H. Maisisco saat rapat evaluasi persiapan pelaksanaan Pekan Pangan Lokal ini mengajak seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk memanfaatkan momen Pekan Pangan Lokal ini untuk menikmati jajanan yang memang diolah asli dari hasil pertanian dan kreatifitas Kelompok Kampung Pangan yang  ada di seluruh kelurahan di Kota Pekanbaru.

''Kita ingin memberikan hal yang berbeda. Dimana, masyarakat bisa menikmati pangan olahan yang memang diolah dari bahan pangan yang ada di Kota Pekanbaru dan dibuat langsung oleh para kaum ibu dan remaja yang juga ada di Kota Pekanbaru,'' kata dia.

Maisisco juga menjelaskan, disini, ada ratusan jenis pangan olahan/kulineran yang bisa didapatkan oleh pengunjung. Dan semuanya adalah kreasi dan hasil inovasi kelompok kampung pangan.

''Untuk pengunjung masing-masing akan mendapatkan voucher belanja. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon harga pada pembelian setiap jenis pangan olahan yang sudah disediakan.

Tak hanya mengundang masyarakat, Maisisco juga menjelaskan kalau iven yang akan dibuka langsung oleh Pj. Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa ini juga akan mengundang berbagai pihak, di antaranya pelaku usaha perhotelan, restoran dan kafe (Horeka) juga kalangan dunia usaha, perbankan dan pejabat daerah lainnya.

''Kita ingin memperkenalkan seluruh hasil kreasi dari kampung pangan yang ada kepada khalayak luas sehingga bisa menjadi sarana promosi dan temu bisnis yang diharapkan ke depannya bisa membuka peluang usaha antara instansi dengan pelaku usaha,'' kata dia.

''Selain memperkenalkan keragaman pangan khas Pekanbaru, kita ingin momen ini menjadi trigger untuk bangkitnya UMKM yang dikelola kampung pangan, sehingga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat,'' jelas Maisisco.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis juga akan dilakukan penyerahan bantuan saprodi kepada sejumlah Kampung Pangan, penyerahan bantuan Saprodi kepada Kelompok Wanita Tani (KWT), penyerahan bantuan pangan kepada keluarga risiko stunting dan P3KE sekaligus peresmian Kios Pangan Puan Berseri.

Tak hanya pangan olahan, pada kegiatan ini, pengunjung juga bisa berbelanja bahan pangan olahan segar yang dikelola oleh kelompok wanita Tani yang akan menyediakan aneka buah, sayuran dan juga tanaman sehat.

Iven Pekan Pangan Lokal ini sendiri akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan ini dilaksanakan kerja sama Pemko Pekanbaru melalui DInas Ketahanan Pangan dengan Bapanas RI, Bank Indonesia, PTPN 4 dan  Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index