Dinas PPKBP3A Kab Kampar Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Pada Perempuan Dan Anak

Dinas PPKBP3A Kab Kampar Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Pada Perempuan Dan Anak

KAMPAR (RIAUSKY.COM)  - Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar melalui Bidang Perlindungan Anak yang diwakilkan langsung kepada Satiti Rahayu,S.Keb.SKM.MKM selaku Kepala Bidang Perlindungan Anak melakukan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Pada Perempuan dan Anak dengan memaparkan Materi Pencegahan tentang kasus tersebut, yang pada hari ini dilaksanakan di Halaman UPT Puskesmas Pantai Cermin Kecamatan Tapung, Kamis (26/9).

Sosialisasi ini dihadiri dan diikuti oleh ibu-ibu para kader posyandu balita dan posyandu lansia, serta para perempuan lanjut usia dari  9 (sembilan) desa di wilayah Kecamatan Tapung  yang tergabung dalam Persatuan Perempuan -Kader Sayang Anak ( PERKASA) yang juga diketuai oleh Satiti Rahayu, S.Keb.SKM.MKM.

Didampingi langsung oleh Kepala UPT Puskesmas drg. Dewi Harmoni Ia menyampaikan, pencegahan kasus kekerasan pada perempuan dan anak di tengah-tengah mazsyarakat adalah tantangan yang semakin berat ke depan, mengingat besar pula tantangan kemajuan zaman yang serba digital  . Untuk itu, penting kiranya bagi kita untuk meningkatkan komitmen dalam hal perlindungan anak.

“Menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, salah satunya adalah dengan meningkatkan pengawasan terhadap pola hidup, tingkah laku dan meningkatkan pola hidup sehat dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang produktif dan positif,” ungkap Satiti.

Dari informasi yang didapat PERKASA telah senantiasa selalu melaksanakan kegiatan setiap bulan berkeliling dari desa ke desa di wilayah UPT Puskesmas Pantai Cermin, dengan  tujuan agar setiap Perempuan yang ada di wilayah tersebut  memiliki wawasan dan pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan lain yang dapat membuat para perempuan menjadi sehat dan bahagia, karena disaat perempuan  sehat dan bahagia maka dia akan mampu menjadi ibu yag baik dan bijaksana bagi anak-anak, biisa dan mampu menjadi tauladan bagi anak dan lingkungannya, sehingga ino dapat dijadikan sebagai bentuk dari pencegahan terjadinya kekerasan kepada perempuan dan anak.

Satiti menjelaskan, pbahwa perempuan dan anak adalah merupakan salah satu tonggak penting dari suatu kemajuan bangsa secara du Kabupaten Kampar, yang setiap haknya harus dilindungi dari tindak kekerasan apapun itu bentuknya.

Pada kesempatan ini, Satiti juga mengajak para peserta sosialisasi untuk mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif dalam menciptakan kebaikan-kebaikan di tengah masyarakat, terutama ditenfah-tenfah keluarga.

Satiti selaku Kepala Bidang Perlindungan Anak pada Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar berharap program dan kegiatan ini dapat berkelanjutan dengan berkolaborasi bersama berbagai segala pihak terutama dengan pemuka agama dan dari tokoh masyarakat.

Dikesempatan yang sama Kepala puskesmas dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena sangat membantu dalam memberikan petunjuk dan arahan kepada masyarakat luas terutama perempuan, bahwa sangat pentingnya menjaga diri dari swtiap tindakan kekerasan. 

“ Saya optimistis masalah perundungan bisa selesai apabila menjadi komitmen bersama,” tandasnya.

Selain sosialisasi Dinas PPKBP3A Kabupaten Kampar juga laksanakan kegiatan Senam bersama, Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan dengan bekerjasama dwngan UPT Puskesmas Perhe tian Raja.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index