Sudah Ada 300, Bapemasbangdes Riau Rekrut 36 Orang Pendamping Desa Baru

Sudah Ada 300, Bapemasbangdes Riau Rekrut 36 Orang Pendamping Desa Baru
Ilustrasi
Pekanbaru, RiauAir.com - Kementerian dalam negeri selalu meningkatkan kapasitas aparatur desa untuk seluruh daerah Riau yang berjumlah 1.592 Desa yang menerima dana Desa. 
 
Untuk 1592 desa pada tahun 2015 mendapatkan sekitar 450 miliar, sementara pada tahun 2016 ini dua kali lipat dibandingkan tahun 2015. Dengan pemberian dana dua tahap.
 
Untuk itu, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinsi Riau dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya dalam pemberdayaan masyarakat juga melakukan perekrutan pendamping desa untuk setiap desa, setiap pendamping desa juga dilakukan pelatihan, demikian dikatakan Sudarman, Bangdes (BPMPD)  Provinsi Riau, Selasa (26/7/2016).
 
"Untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kementrian kedesa, setiap desa merekrut tenaga-tenaga pendamping desa, tenaga ahli, dan pendamping lokal desa," ujar Sudarman Bangdes BPMPD Provinsi Riau.
 
Kata Sudarman, BPMPD Riau Pada tahun 2015 lalu sudah merekrut sekitar 300 orang pendamping desa se Provinsi Riau ditambah tahun 2016 ini sebanyak 65 orang. Dan tenaga ahli ini diutamakan putra daerah tempatan guna membantu pekerjaan desa.
 
Pada tahun 2015 sudah melakukan pelatihan sekitar 2000 orang pelatihan dari 1592 desa, yakni Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD) yang diikuti oleh Kepdes, Sekdes dan Bendahara desa.
 
"Meski kita ketahui terkait tidak semua desa yang paham dalam menjalani pengelolaan uang anggaran, maka tetap ada pelatihan, pemantauan dan pendampingan," tutup Sudarman. (R02/Rgc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index