Bapenda Pekanbaru Raih Penghargaan OPD Sangat Inovatif 2020

Tanggal Galeri : Jumat, 07 Mei 2021

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru menerima penghargaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sangat Inovatif tahun 2020.

Penyerahan penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, DR Firdaus ST, MT, Selasa (27/4/2021) di Kantor Wali Kota Pekanbaru dan diterima Kepala Bapenda Pekabaru Zulhelmi Arifin S.STP, MSi.

''Penyerahan penghargaan ini bukan saja karena dinilai kreatif dan inovatif dalam menggali potensi penerimaan daerah lewat pengembangan teknologi dan aneka aplikasi, Bapenda Pekanbaru juga dinilai mampu menggugah, membangun pemahaman  dan membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat tentang kewajiban membayar pajak bagi pembangunan Kota Pekanbaru,'' ungkap Wali Kota. 

"Jadi seluruh OPD bukan saja harus bekerja keras untuk bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Mereka juga harus mampu membuat terobosan-terobosan penting dan inovatif yang sejalan dengan perkembangan teknologi maupun ilmu pengetahuan,'' ungkap Wali Kota yang selalu mengingatkan jajaran pemerintah di jajarannya agar terus berinovasi.

Wali Kota juga menjelaskan pihaknya sangat mengapresiasi, khususnya dalam hal pelayanan Pajak, langkah konkret yang telah dibuat Bapenda Pekanbaru, termasuk dengan melakukan kolaborasi teknologi dalam sistem pembayaran dan pemungutan pajak secara transparan, terbuka dan mudah diakses oleh publik.

''Kami mengapresiasi upaya yang telah dilakukan,'' ungkap Wali Kota. 

Dijelaskan Wali Kota, pelayanan pemerintah tanpa inovasi adalah mati. ''Karena itulah, dari waktu ke waktu, upaya untuk meningkatkan fungsi pelayanan, memberikan kemudahan pada masyarakat harus terus dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan,'' ungkap Wali Kota yang mengaku sejauh ini dia melihat pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan sosoalisasi dan pungutan pajak yang dilakukan Bapenda berjalan lurus dengan hasil dari pencapaian penerimaan daerah yang didapatkan.

Akan halnya Kepala Bapenda, Zulhelmi Arifin menyampaikan terima kasih atas penghargaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sangat Inovatif tahun 2020.

Dijelaskan dia, reformasi administrasi perpajakan harus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga fungsi pelayanan dapat diberikan secara optimal kepada masyarakat.

Dijelaskan dia, untuk menggugah pemahaman, lebih mendekatkan lagi akses masyarakat untuk membayarkan pajak daerah, pemerintah permu membuat langkah-langkah lebih konkret yang bisa langsung dijangkau.

Salah satu yang paling dekat adalah pemanfaatan teknologi smartphone maupun e-commerce. 

Dengan teknologi dan fasilitas yang tersedia, masyarakat terus digugah dan dipermudah untuk membayarkan pajak daerah, salah satunya adalah dalam pembayaran PBB.

Sebagai salah satu potensi penerimaan daerah terbesar, PBB P2 khususnya menjadi tulang punggung pembangunan Kota Pekanbaru.

Bapenda menghadirkan layanan Smart PBB, dimana masyarakat bisa membayarkan pajak PBB cukup hanya menggunakan handphone atau  melalui layanan e-commerce. 

"Seperti, bukalapak, tokopedia, traveloka, linkaja, gopay, melalaui gerai ritel  indomaret, alfamart, selain tentunya melalui UPT Badan Pendapatan Pekanbaru yang tersebar di 5 kecamatan," yang ada saat ini.

Dijelaskan Zulhelmi Arifin, inovasi tersebut tidak hanya berhenti sampai disana. 

Bapenda, sebut dia, akan terus menggali dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang akan lebih memudahkan dan mendekatkan masyarakat pada sistem pelayanan perpajakan  khususnya dalam pembayaran pajak daerah sepanjang itu mempermudah masyarakat untuk mengakses pembayaran pajak daerah.(Galeri Foto)

Kepala Badan Pendapatan Daerah  Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin S.STP, MSi menerima  penghargaan dari Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST, MT untuk kategori OPD Sangat Inovatif tahun 2021.

Kepala Bapenda Pekabaru bersama sejumlah kepala OPD menerima penghargaan dari Wali Kota Pekanbaru.

Kepala Bapenda Pekabaru foto bersama Wali Kota Pekanbaru dan sejumlah pimpinan OPD penerima penghargaan.

Wali Kota Pekanbaru DR FIrdaus ST, MT saat memberi sambutan dan arahan kepada OPD di lingkup Pemko Pekanbaru untuk membuat terobosan dan inovasi dalam pelayanan publik.

Sejumlah kepala dinas dan badan ikut hadir dalam acara penyerahan penghargaan.

Wali Kota Pekanbaru DR Firdaus ST, MT, Plt. Asisten III  Masykur Tarmizi, saat pelaksanaan acara penyerahan penghargaan di kantor Wali Kota Pekanbaru.

Plt. Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi membei sambutan pada acara penyerahan penghargaan yang juga diikuti pelaksanaan Bimtek.