RAPP Gelar Seminar Creativepreneur

Kadiskop dan UMKM Riau: Buka Bisnis, Buka Lapangan Kerja

Kadiskop dan UMKM Riau: Buka Bisnis, Buka Lapangan Kerja
Kadiskop dan UMKM memberikan kata sambutan pada Seminar Creativepreneur ‘Change for Success, Leading Yourself Through Change’ mahasiswa di Hotel Drego, Kamis (3/11).
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kondisi ekonomi saat ini harus dijadikan tantangan untuk memperkuat semangat kewirausahaan agar bisa bersaing dan menciptakan lapangan kerja. 
 
Melalui Seminar Creativepreneur yang ditaja PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) para pemuda dan mahasiswa di Riau diajak untuk membangkitkan semangat berwirausaha mereka.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Drego ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) Provinsi Riau, Darius Husin. 
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut diperlukan oleh para anak muda saat ini sehingga mereka bisa membuka bisnis yang mereka inginkan dan dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain.
 
“Saat ini kebanyakan mereka ingin menjadi pegawai atau karyawan perusahaan. Namun, adanya seminar dari RAPP, pola pikir mereka bisa berubah. Kami berharap dari acara ini dapat melahirkan wirausahawan muda dan menciptakan produk yang dapat bersaing. Kami sebagai perwakilan dari pemerintah mendukung wirausahawan muda sehingga mereka buka bisnis buka lapangan kerja,” ujar Darius, Kamis, 3 November 2016.
 
Menurut Presiden Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) Ari Juprika yang hadir dalam seminar tersebut, saat ini banyak pemuda dan mahasiswa bingung ketika ingin berwirausaha. Misalnya, ketika mereka telah memiliki ide bisnis, tetapi mereka belum mengetahui cara bagaimana mengaplikasikannya. 
 
“Seminar dari RAPP mengenai wirausaha sangat cocok untuk kami yang masih muda. Seminar ini membuat kami mendapatkan dan membangkitkan jiwa bisnis kami. Dulu saya pernah usaha rental PS, tetapi sekarang tidak lagi. Saat ikut seminar ini semangat saya berbisnis mulai muncul,” ucap mahasiswa Agroteknologi ini.
 
Seminar yang bertemakan ‘Change for Success, Leading Yourself Through Change’ ini mendatangkan pebisnis online dari Yogyakarta, Awan Abdullah. Ia membagikan materi mengenai bagaimana membuka usaha sejak dibangku kuliah. Ia mengatakan intinya para anak muda yang ingin membuka usaha harus siap dengan segala resiko, perbanyak silahturrahmi, dan fokus.
 
Sementara itu, Stakeholder dan Campus Relations RAPP, Edy Yusuf mengatakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan pemuda dalam mempersiapkan masa depan. Hal ini merupakan kepedulian perusahaan kepada generasi muda agar menjadi tangguh dan mandiri. 
 
“Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan pemuda dan mahasiswa di Riau. Mereka berasal dari berbagai macam kampus, seperti Riau Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim,dan Universitas Muhammadiyah Riau. Kami ingin mendukung pemuda untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja untuk orang lain sehingga mereka tidak terpaku untuk menjadi pencari kerja,” pungkasnya. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index