Program DMIJ Sukses Bangun kembali Desa-desa di Indragiri Hilir

Program DMIJ Sukses Bangun kembali Desa-desa di Indragiri Hilir
Bupati Wardan saat meresmikan Program DMIJ di Inhil
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Pemkab Indragiri Hilir melalui Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dinilai sukses membangun desa-desa yang selama ini terabaikan. Salah satunya dirasakan masyarakat Desa Makmur Jaya, Kecamatan Kateman.
 
Padahal, sebelum program ini digulirkan satu persatu warga di desa ini meninggalkan kampung halamannya. Hal ini disebabkan lahan perkebunan kelapa yang selama ini menjadi penopang hidup sebagian besar masyarakat mengalami abrasi.
 
Abrasi mengikis sedikit demi sedikit lahan perkebunan kelapa warga di desa tersebut. Akibatnya, banyak warga yang tidak memiliki mata pencaharian lagi dan pengharapan hidup di sana. Hingga akhirnya satu per satu warga memutuskan untuk pindah dari desa tersebut.
 
"Setiap tahun abrasi. Musim Utara kena, musim Tenggara pun kena. Hingga akhirnya mengorbankan beberapa lahan perkebunan warga yang jelas-jelas merupakan mata pencaharian mereka," kata Kepala Desa Makmur Jaya, Asnawi.
 
Kondisi itu berlangsung bertahun-tahun tanpa ada perhatian lebih dari pemerintah, terutama Pemda setempat. Sejak digulirkannya Program DMIJ dari Pemkab Inhil, barulah perlahan-lahan musibah itu bisa teratasi.
 
"Dengan anggaran yang kami punya, kami prioritaskan membangun tanggul untuk menahan abrasi. Pembangunan itu kami fokuskan selama dua tahun belakangan," kata Asnawi.
 
Setidaknya, ada sepanjang 2.240 meter tanggul yang sudah dibangun Pemerintah Desa Makmur Jaya dalam dua tahun terakhir. "Kalau tidak ada tanggul ini, entah apa yang akan terjadi lagi," kata Asnawi, dilansir daririau.com.
 
Dirinya berharap agar program DMIJ dari Pemkab Inhil ini terus berlanjut. Ditambah kalau bisa bantuan dana desa dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat. ''Tentu ini adalah programnya Pemkab Inhil. Kita minta Pak Wardan terus melanjutkan program ini,'' harap Asnawi.
 
Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan menyebut berbagai usaha dan upaya yang dilakukan melalui program Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) oleh pemerintah daerah untuk mempercepat geliat pembangunan. 
 
“Saat ini, Pemkab Inhil tetap akan memprioritaskan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) pada tahun 2017 sebagai program unggulan," ungkapnya Bupati Inhil. 
 
Ia menyampaikan, Program Desa Maju Inhil Jaya sebagai program prioritas memiliki banyak tujuan, selain tujuan utama pembangunan, program ini juga secara langsung memberdayakan seluruh komponen dan lapisan masyarakat.
 
“Pelaksanaan program ini melibatkan serta bersentuhan langsung dengan masyarakat, mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaanya," ujarnya.
 
Dikatakannya, program DMIJ telah berhasil dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas, merata dan terintegrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat terutama di pedesaan. (R17/Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index