Dukung Industri Kelapa di Inhil, Ini Janji Bupati HM Wardan

Dukung Industri Kelapa di Inhil, Ini Janji Bupati HM Wardan
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Pemkab Inhil komit untuk mengembangkan luas area perkebunan kelapa (Kopra) dengan kebijakan minimal mempertahankan yang masih ada.
 
Mengingat sebagain besar masyarakat bergantung pada komoditi tersebut. Komitmen disampaikan Bupati Inhil HM Wardan. 
 
Menurutnya sudah pasti hal tersebut akan dipertahankan semaksimal mungkin, apalagi jenis kelapa dalam merupakan rohnya masyarakat Inhil.
 
Bupati pun berjanji selama masa kepemimpinannya tidak akan pernah mengeluarkan izin pembukaan perkebunan kelapa sawit yang merupakan bukti komitmen pemkab Inhil dalam melindungi pertanian masyarakat dengan mempertahankan sektor tanaman kelapa dalam.
 
Kepada jajaran pemerintahan kecamatan sudah diinstruksikan agar lebih berhati-hati dalam mengeluarkan rekomendasi perizinan perkebunan.
 
Wardan menambahkan, sebagaimana dilansir suluhriau.com, salah satu faktor terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Inhil pada musim panas tiba akibat salah dalam mengeluarkan izin, khususnya terhadap lahan gambut.
 
Secara administrasi memiliki luas 1.367.551 hektar, sekitar 55,09 persen diantaranya merupakan lahan perkebunan atau mencapai 753.450 hektar, dari luas pekerbunan tersebut 70 persen atau 429.110 hektar merupakan kebun kelapa yang tersebar di 20 kecamatan, kemudian 70 persen lebih merupakan milik masyarakat, sehingga ketergantungan masyarakat terhadap komoditi unggulan di daerah tersebut sudah menjadi harapan dan tumpuan masyarakat. (R17/Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index