WOW...Tol Pekanbaru-Dumai Selesai, Kota Bagansiapiapi Bisa Ditempuh Selama 3 Jam

WOW...Tol Pekanbaru-Dumai Selesai,  Kota Bagansiapiapi Bisa Ditempuh Selama 3 Jam
Maket Tol Pekanbaru-Dumai
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Halal bi Halal masyarakat Rokan Hilir (Rohil) di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru pada Jum'at malam (14/07/2017) yang dihadiri Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman dan Wagubri H Wan Thamrin Hasyim, menjadi ajang "curhat" Bupati Rohil H Suyatno.
 
Sang Bupati merasa prihatin karena kini APBD Rohil turun bahkan terjun bebas. Akibatnya, anggaran yang ada sebagian besar hanya untuk belanja pegawai. 
 
"Tahun 2015, APBD Rohil masih sebesar Rp2,7 triliun. Tapi tahun 2017 tinggal sekitar Rp1,5 triliun. Sebagian besar sudah terserap untuk belanja pegawai. Untuk pembangunan hanya tinggal sedikit. Kalau bisa malam ini meneteskan air mata, saya akan meneteskan air mata," ucap Suyatno seraya berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.
 
Suyatno tidak menampik dan sangat bersyukur karena selama ini mendapat perhatian cukup besar dari Pemprov Riau. TA 2017 misalnya, tidak kurang dari Rp196 miliar APBD Riau dialokasikan untuk pembangunan Rohil plus bantuan keuangan (bankeu) sebesar Rp80 miliar. 
 
"Tentu ke depan, kita harapkan Pak Gubernur berkenan mengalokasikan anggaran lebih besar lagi untuk Rohil," harapnya.
 
Sekedar info, anjloknya harga minyak dan komoditi kelapa sawit dalam dua tahun terakhir telah membuat perekonomian Riau dan seluruh kabupaten/kota lesu. Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang selama ini menjadi andalan kini turun drastis. 
 
Itu sebabnya, Pemprov Riau di bawah kepemimpinan H Arsyadjuliandi Rachman membuat terobosan antara lain dengan membangun sektor pariwisata berbasis budaya. Termasuk memaksimalkan potensi perikanan laut dengan memanfaatkan garis pantai Riau yang panjangnya dua kali lipat pulau Jawa.
 
Tapi optimisme Riau ke depan akan mampu berkembang dan bersaing dengan daerah lain cukup tinggi. Apalagi jika sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Riau yang sedang digesa pembangunannya selesai, maka wajah Riau dipastikan akan berubah total.
 
Optimisme inilah yang disampaikan Gubri Andi saat berpidato pada acara Halal bi Halal masyarakat Rohil di Pekanbaru itu.
 
Gubri mencontohkan, kalau pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang lebih-kurang 130 km selesai, maka jarak tempuh Pekanbaru-Bagan Siapiapi yang merupakan ibukota Kabupaten Rohil hanya sekitar 3 jam saja. 
 
"Saya yakin tahun 2019 insya Allah pembangunan jalan tol ini selesai. Kalau ini jadi, wajah Riau akan berubah. Kita akan seperti Malaysia. Jarak tempuh Pekanbaru-Bagan bisa sekitar 3 jam saja," ucap Gubri.
 
Selama ini, jarak tempuh Pekanbaru-Bagan Siapiapi sekitar 7 hingga 8 jam. Bahkan bisa 9 jam. Jalan tol Pekanbaru-Dumai yang merupakan ruas tol terpanjang di Sumatera akan menghubungkan wilayah Riau daratan dengan Riau pesisir. Bagan Siapiapi yang terletak di pesisir Pulau Sumatera diyakini akan semakin maju seiring dengan pembangunan jalan tol.
 
Apalagi, Pemprov Riau juga membuka akses jalan ke daerah perbatasan Rohil dengan Sumatera Utara. Upaya ini, tegas Gubri, pasti akan menguntungkan Riau dan Rohil pada khususnya.
 
PSN lainnya yang segera digesa pembangunannya adalah perpanjangan runway atau landasan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru plus perluasan terminal penumpang. Runway SSK II akan diperpanjang menjadi 3.000 meter dari saat ini yang baru 2.600 meter. Penambahan 400 meter lagi akan membuat pesawat berbadan besar bisa mendarat di SSK II.
 
Jika pesawat berbadan besar sudah bisa mendarat di Bandara SSK II, maka akan semakin banyak maskapai penerbangan yang akan membuka rute dari dan ke Pekanbaru, Riau. Dengan begitu, Riau akan semakin banyak dikunjungi orang dari berbagai belahan dunia. Termasuk peluang Riau menjadi Embarkasi Haji.
 
Proyek strategis lainnya yang akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Rohil adalah penyediaan air bersih. Proyek ini sudah diteken kerjasama pembangunannya dengan Kementerian PUPR. Air bersih ini akan mensuplai masyarakat di Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis). (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index