Warga Tanjung Padang Ini Sumringah Terima CSR Award dari RAPP

Warga Tanjung Padang Ini Sumringah Terima CSR Award dari RAPP
Izwan menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam CSR Award beberapa waktu lalu.
PULAU PADANG (RIAUSKY.COM) - Tahun 2010 hidup warga asli Desa Tanjung Padang, Kecamatan Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti ini berubah sejak didaulat menjadi ketua untuk mengembangkan Koperasi Karya Bersama. 
 
Awal usaha koperasi ini mendapatkan kepercayaan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk penyediaan speed boat 15 PK dengan tenaga kerja 1 orang dengan nilai kontrak Rp 6,5 juta. Izwan (31) yang sebelumnya bekerja sebagai administrasi di kantor desanya ini mengaku tidak pernah terpikir menjadi ketua Koperasi Desa. 
 
Namun, tekad yang kuat untuk maju serta bimbingan dari perusahaan membuat ayah 1 anak ini semangat menjalankan koperasi yang telah beranggotakan puluhan orang di desanya. Tahun 2014 koperasi yang dipimpin Izwan ini diberi kesempatan untuk mengelola nursery dengan tenaga kerja 30 orang.
 
“Mengelola koperasi ini menjadi sebuah tantangan dalam hidup saya. Beruntung saya dibimbing oleh RAPP untuk mengelola koperasi ini. Saya pun bahagia bisa membantu warga desa untuk bekerja di wilayah operasional perusahaan. Kami sangat berterima kasih kepada RAPP telah membina kami,” ujarnya.
 
Berkat kerja kerasnya itu, ia mendapatkan penghargaan Corporate Social Responsibility (CSR) Award dari RAPP. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. 
 
 
Ia mengatakan Industri Kecil Menengah (IKM) telah terbukti menjadi usaha yang tahan krisis dan menjadi salah satu penopang perekonomian nasional. Kontribusi IKM dalam menciptakan lapangan kerja juga tidak dapat dipandang sebelah mata. 
 
Untuk itu, semua pihak perlu memberikan dukungan bagi perkembangan IKM, termasuk dunia usaha.
 
“Pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri. Dukungan dari dunia usaha akan menjadi kail yang akan mendorong IKM menjadi wirausaha mandiri,” ujar Enggartiasto
 
Ia berharap, dukungan terhadap IKM akan terus meningkat agar semakin banyak bermunculan wirausaha. Meskipun memiliki peranan penting, IKM masih menghadapi sejumlah masalah, seperti dukungan permodalan dan kemampuan mengelola bisnis secara profesional. Di sinilah perusahaan diharapkan berperan agar memberikan pendampingan kepada IKM.
 
Direktur Utama PT RAPP, Rudi Fajar mengatakan sebagai perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Kerinci, Riau, RAPP berkewajiban untuk merangkul masyarakat sekitar agar mampu berkembang bersama. Hingga saat ini, RAPP telah mencetak sederet IKM sukses dan berpengaruh di daerahnya. 
 
“Perusahaan dikatakan berhasil jika masyarakat di sekitarnya sejahtera,” kata Rudi.
 
Saat ini perkembangan usaha Koperasi sampai saat ini telah mempunyai kontrak penyediaan speed boat 5 unit, rental colt diesel dan mobil fire truk dengan jumlah omset Rp 49,000,000 dengan tenaga kerja 5 orang. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index