Basmi Hama Wereng dan Kresek, Koramil 03 Tempuling Lakukan Penyemprotan Massal

Basmi Hama Wereng dan Kresek, Koramil 03 Tempuling Lakukan Penyemprotan Massal
Personel TNI dan warga menjelang penyemprotan hama wereng dan kresek.


TEMPULING (RIAUSKY.COM)– Bahaya wabah hama wereng dan Kresek saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi para petani di Inhil.

Kemunculan hama ini mulai berdampak dengan turunnya hasil panen padi, bahkan sampai mereka mengalami gagal panen.

Menyikapi hal tersebut, Koramil 03/Tempuling melaksanakan gerakan pengendalian hama wereng dan Kresek di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Senin (14/8/2017).

Upaya penyemprotan dilakukan personel TNI  dipimpin langsung Danramil 03/Tempuling, Kapten Arh Sugiyono bersama PPL setempat dan kelompok tani di wilayah Kelurahan Kempas Jaya.

Menurut Danramil, para petani di Kelurahan Kempas Jaya sendiri sudah merasa khawatir dampak dari perkembangan hama wereng.

“Maka dari itu kami sigap melakukan pencegahan dengan pola penyemprotan dilahan sawah milik warga blok E dengan ketua Kelompok Tani Bapak Paidi Kelurahan Kempas Jaya seluas 43 Hektar,'' kata dia.

Lebih jauh Danramil menuturkan penyemprotan sawah yang dilakukan saat ini, merupakan bagian dari usaha Koramil 03/Tempuling, bersama instansi terkait untuk mensukseskan program ketahanan pangan.

Dengan penyemprotan ini diharapkan  akan membasmi hama-hama tanaman padi khususnya wereng dan Kresek yang saat ini meresahkan petani.

“Diharapkan produksi pertanian akan meningkat dan tujuan swasembada pangan di Kab. Indagiri Hilir bisa tercapai” kata dia.

Proses penyemprotan pun berlangsung lancar, para petani setempat tampak antusias mengikutinya program tersebut yang telah mendapatkan bantuan Racun jenis Toksin sebanyak 80 Liter dari dinas Pertanian Propinsi Riau yang dikoordinir oleh PPL Suristo.(R06)

Listrik Indonesia

#Indragiri Hilir

Index

Berita Lainnya

Index