Bupati Inhu Minta Dinas Terkait Audit Kebun Plasma KUD Albaroqah

Bupati Inhu Minta Dinas Terkait Audit Kebun Plasma KUD Albaroqah
Bupati Inhu Yopi Arianto saat bertemu dan berdiskusi dengan warga terkait pemasalahan lahan plasma yang dikerjasamakan warga dengan KUD Baroqah di Sungai Guntung Hilir.

RENGAT (RIAUSKY.COM)- Aksi demo ratusan warga Desa Sungai Guntung Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu, Riau, Senin (9/10/2017) pagi ternyata mengundang perhatian Bupati Yopi Arianto. Buktinya, saat pertemuan warga dengan Plt Sekdakab Inhu H Hendrizal MSi, Bupati Yopi  sempat berdialog dengan  warga. 

Pada kesempatan itu, Bupati Yopi minta supaya KUD Albaroqah sebagai wadah yang menaungi plasma warga untuk segera diaudit. Bupati juga minta Sekdakab dan jajaran untuk segera menyelesaikan tuntutan warga Desa Sungai Guntung Hilir dan proses audit kepada KUD Albaroqah. 

Koordinator aksi Juni Indrawadi mengatakan, selama ini rincian produksi kebun plasma tidak pernah disampaikan secara transparan. "Setiap panen, kami tak pernah tau dengan hasil kebun kami," katanya. 

Di sisi lain, Ketua LSM MPR Bernas Inhu Hatta Munir saat memantau demo mendukung usulan bupati untuk melakukan audit terhadap KUD Albaroqah agar jelas bagaimana sirkulasi keuangan KUD, termasuk hasil produksi kebun plasma yang dikelola. 

Aksi warga tersebut dinilai wajar, karena menurut Hatta, sudah 12 tahun KUD Albaroqah bermitra dengan PT Tani Subur Makmur, namun anggota koperasi tak mengetahui hasilnya. 

Padahal, kata dia, tujuan bermitra dengan perusahaan untuk kesejahteraan anggota, bukan untuk menderita sebagaimana apa yang disampaikan warga.(R04)

Listrik Indonesia

#Indragiri Hulu

Index

Berita Lainnya

Index