Subhanallah... Syamsuar Pimpin Panen Raya Padi di Bungaraya dan Penyerahan Zakat dari Petani

Subhanallah... Syamsuar Pimpin Panen Raya Padi di Bungaraya dan Penyerahan Zakat dari Petani
Bupati Kampar Syamsuar memimpin penen raya padi di Bungaraya.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak Syamsuar melakukan panen raya padi di Kecamatan Bungaraya,Senin (29/1/2018).

Sebelumnya,bupati bersama rombongan terlebih dahulu menyempatkan diri memanen tomat dan bawang merah.

Kabupaten Siak menjadi sentra pengembangan padi di Provinsi Riau dengan memiliki 4 lumbung padi yakni di Kecamatan Bungaraya, Sungai Mandau, Sabak Auh dan Sungai Apit.

Turut hadir Danrem 031/Wirabima, Brigjen  Edy Natar Nasution, Wakil Bupati Siak, Alfedri, Sekda Siak Tengku Said Hamzah, Kepala Divisi Pengumpulan Zakat Nasional, Fitriansyah dan pejabat Forkopimda Siak lainnya.

Bupati Siak menyatakan Kabupaten Siak masih cukup luas lahan yang bisa dijadikan untuk pertanian. 

Beberapa gabungan kelompok tani di Kecamatan Bungaraya ini tidak hanya pertani padi, tetapi ada kebun tomat, cabe, bawang, terong, labu madu dan sayuran lainnya.

"Kalau di Siak ini petani bisa sukses menanam sayur-sayuran, kenapa kita harus impor dari luar seperti bawang yang di impor dari Malaysia. Di Bungaraya saja bawang merah bisa tumbuh dengan subur dan hasilnya maksimal," kata Syamsuar lagi.

Dikatakan bupati bahwa produkai padi pertahun selama 6 tahun terakhir tahun 2012 - 2017) sebesar 35.504 ton.

Oleh karena itu terjadi peningkatan sebesar 25.8 persen dibandingkan dengan kondisi pada tahun 2011, yang hanya berkisar 28.220,57 ton.

Sementara rata-rata produktivitas padi per-tahun selama 6 terakhir yaitu pada tahun 2012-2017, sebesar 4.815 ton/hektar. 

Meningkat sebesar 18 persen dari keadaan tahun 2011 yaitu 4,078 ton/hektar.

Terkait peningkatan hasil produksi padi tersebut, Pemerintah daerah melalui dinas terkait telah mengupayakan sejumlah bantuan dalam bentuk Alat Mesin Pertanian.

Hingga tahun 2017 ini, Dinas Pertanian Kabupaten Siak telah menyalurkan beberapa peralatan, diantaranya 394 handtraktor roda dua, 36 traktor roda empat, 286 pompa air, 71 alat tanam padi, dan 18 combine harvester.

"Kami sampaikan terima kasih kepada bapak Danrem 031 Wirabima dan Dandim 0303 Bengkalis beserta jajaran, Organisasi Perangkat Daerah terkait, serta pihak-pihak lainnya yang telah berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini," katanya.(R08/mc) 

Listrik Indonesia

#Siak

Index

Berita Lainnya

Index