Pemprov Riau Terima Penghargaan SAKIP Predikat B

Pemprov Riau Terima Penghargaan SAKIP Predikat B

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meraih predikat B berkenaan penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur yang diterima Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim di Batam Kepulauan Riau beberapa waktu lalu pada Kamis (25/1/2018).

SAKIP yang diterima Pemprov Riau masuk predikat B dengan nilai 66, 50. Artinya, kurang 3, 5 point lagi untuk mencapai nilai BB. 

"Hasil penilaian ini lebih baik dibanding penyusunan SAKIP 2016 yang mendapat predikat B dengan Nilai 60, 32," ujar Wagubri.

Dijelaskan Wagubri, Raihan predikat ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, sehingga capaian predikat yang diberikan dapat terus meningkat. 

"Hal ini juga, tidak terlepas dari komitmen Pak Gubernur Arsyadjuliandi Rachman  untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel, efektif, dan efisien,” ujarnya.

Pemprov Riau Lanjut Wagub, patut berbangga mendapat nilai B ini, karena selama tujuh tahun berturut turut Provinsi Riau hanya mendapat nilai CC.

Selanjutnya Pemprov Riau terus berupaya meningkatkan akuntabilitas kinerja mulai dari perencanaan hingga pada pelaksanaan yang akuntabel.

Pada penyerahan laporan penerapan SAKIP Wilayah I meliputi seluruh wilayah Sumatera, Banten, dan Jawa Barat. 

Sementara Menteri Asman menyatakan implementasi SAKIP berkolerasi dengan efisiensi dalam penggunaan anggaran sangat signifikan. 

SAKIP yang selama ini dianggap sebagai kumpulan dokumen ternyata memiliki pengaruh besar terhadap efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran negara.

Menteri Asman juga mengapresiasi pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota yang melakukan upaya-upaya perbaikan bagi peningkatan efisiensi birokrasi. (*)

Listrik Indonesia

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index