70 Ruko Ludes Terbakar di Chinatown Siak, Penyebabnya Masih Diselidiki Polisi

70 Ruko Ludes Terbakar di Chinatown Siak, Penyebabnya Masih Diselidiki Polisi

SIAK (RIAUSKY.COM)- Kebakaran hebat yang melanda deretan ruko di chinatown Kota Siak Sri Indrapura, Sabtu (17/2/2018) dinihari tadi.

Setidaknya sebanyak 70 ruko yang terletak di sepanjang Jalan Sultan Ismail dan Jalan Pepaya, habis terbakar dan menyisakan puing-puing.

Api dilaporkan mulia memamah bangunan yang umumnya terbuat dari kayu tersebut sekitar pukul 02.30 WIB dan dengan cepat menjalar ke bangunan-bangunan di sekitarnya.

Sejumlah keterangan menyebutkan kalau kebakaran bermula dai toko Prima lantas menjalar ke bangunan lainnya. Diduga penyebabnya adalah tegangan listrik yang terlalu tinggi disebabkan di sepanjang kawasan itu selama Imlek memang dipenuhi lampion.

Namun, pihak kepolisian masih mengidentifikasi penyebab dari kebakaran tersebut. 

''Masih diselidiki,'' ungkap Kapolres Siak, AKBP Barliansyah saat ditemui wartawan siang tadi.

Disebutkan Kapolres, saat ini, sejumlah petugas kepolisian masih melakukan pengumpulan data dan informasi terkait penyebab kebakaran. 

Selain itu, pihaknya juga masih membantu proses evekuasi warga korban kebakaran di beberapa lokasi yang sudah ditetapkan pemerintah untuk tempat penampungan sementara.

Bangunan pertokoan yang terbakar selama ini diketahui sebagai situs sejarah Kerajaan Siak. Umumnya toko-toko yang terbakar adalah bangunan lama yang direnovasi pemerintah daerah setempat guna menyerupai chinatown.

Selain bangunan ruko yang pada siang hari digunakan sebagai tempat berjualan dan kedai kopi. Di sekitar kawasan ini juga ada sekolah SMP lama serta  klenteng Hock Siu Kiong.

Kebakaran di chinatown Siak ini terjadi hampir 4 jam. TIga unit mobil pemadam kebakaran dan 40 personel dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Namun, upaya tersebut tidak maksimal dikarenakan bangunan terbuat dari kayu dan mudah terbakar. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index