Pemkab Kampar-WWF Gelar Global Tiger Day di Desa Gema

Pemkab Kampar-WWF Gelar Global Tiger Day di Desa Gema

KAMPAR KIRI HULU (RIAUSKY.COM) - Gaungkan kepedulian terhadap satwa di lindungi, harimau sumatera (phantera tigris sumatera), Pemkab Kampar bersama World Wild Life Fund (WWF) dan Tiger Heart mengelar rangkaian kegiatan untuk memperingati Global Tiger Day (Hari Harimau Sedunia) Sabtu-Ahad (28-29/7/18).

Kegiatan peringatan Global Tiger Day digelar di Desa Gema Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Desa Gema merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Rimbang Baling.

Bukit Rimbang Baling merupakan kawasan konservasi yang ditetapkan sebagai global tiger conservation lanscape oleh para ahli harimau sedunia.

"Dekatnya desa Gema Kampar Kiri Hulu dengan Kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling menjadi alasan pelaksanaan kegiatan peringatan Global Tiger Day digelar," terang Humas WWF, Syamsidar.

Disinggung tentang rangkaian kegiatan peringatan Global Tiger Day, digelar pendidikan lingkungan ke beberapa sekolah di SD, SMP dan SMA serta MTs di Desa Gema.

"Kegiatan yang digelar seperti jalan santai, senam harimau dan dilanjutkan dengan lomba yel yel, lomba batimang, peluncuran buku dan ditutup dengan kegiatan teater rakyat serta penampilan bengkel seni, hampir secara keseluruhan melibatkan siswa siswi di Deaa Gema dari berbagai tingkatan. Dari SD, SMP, MTs hingga setingkat SLTA" terang Samsidar.

Hari kedua peringatan Global Tiger Day diisi dengan kegiatan Jungle trekking serta pembekalan tiger riset.Menurut Samsidar, khusus untuk lomba batimang, dimaksudkan untuk memberikan berbagai pemahaman pelestarian lingkungan baik pelestarian flora dan fauna kepada anak anak sejak masih kecil.

"Batimang itu adalah cara orang orang tua kita untuk menina bobokkan anak anak dengan berbagai puisi. Puisi puisi yang disenandungkan saat menimang anaknya tersebut berisikan ujaran ujaran tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan" terang Sammy. (R10/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index