YBM PLN Riau dan Kepri Bersama PKPU HI Lakukan Pendampingan Rakor Kelompok Desa Cahaya

YBM PLN Riau dan Kepri Bersama PKPU HI Lakukan Pendampingan Rakor Kelompok Desa Cahaya

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Rabu, malam (01/08/2018) melalui program desa cahaya YBM PLN Riau dan Kepri bersama PKPU Human Intitiave melakukan pendampingan rapat koordinasi kelompok desa cahaya. Kelompok desa cahaya yang terbentuk saat awal Mei 2018 ini, melakukan koordinasi dengan seluruh anggota terhadap masing-masing program. 

Dalam pertemuan kali ini, fasilitator yang didampingi oleh Riska mengajak seluruh anggota kelompok desa cahaya, untuk berperan aktif dan memberikan partisipasinya untuk perkembangan program desa cahaya. 

Program desa cahaya memiliki 4 sub program yang terdiri dari program revitalisasi posyandu, program pengajian dan sembako, program ekonomi budidaya ikan dan program pipanisasi. Program ini telah berjalan selama 3 bulan, dengan telah mencapai progressnya masing-masing. 

Pada program revitalisasi posyandu, seluruh kader telah diberikan pengkapasitasan kader dan melakukan posyandu perdana pada bulan Juni lalu. Jumlah balita yang telah hadir mengikuti hari posyandu sebanyak 88% penerima manfaat. Pada program pengajian dan sembako telah dilaksanakan 3 kali pertemuan dan penyaluran sembako bulanan. 

Pada program ekonomi budidaya ikan telah memeprlihatkan progressnya setelah penambahan pakan alternative yang rutin diberikan 2 minggu terakhir memperlihatkan perkembangan patin juga bertambah. 

Dalam rapat koordinasi ini, anggota kelompok menyepakati untuk melaksanakan rapat koordinasi seluruh anggota dilaksanakan setiap tanggal 1 pada awal bulan. Seluruh anggota menyepakati untuk berpartisipasi melaksanakan program pipanisasi. Pada program pipanisasi, seluruh anggota menyepakati bahwa akan berperan aktif untuk melaksanakan program pipanisasi. 

Anggota kelompok menyepakati bahwa melaksanakan gotong royong bersama yang akan dilaksanakan setiap hari Minggu bersama seluruh masyarakat. Pertemuan perdana akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2018 bersama Maridsyah yang merupakan expertis dibidang program air. Dalam rapat ini juga telah disepakati bersama yaitu Sefriadi sebagai koordinator pelaksanaan pemasangan pipa. Dan anggota pengelola air terdiri dari Masri, Ali Akbar dan Andi Mursal. Dengan target pertama pemasangan pipa sebanyak 24 rumah. 

Ningsih salah satu anggota kelompok desa cahaya mengucapkan”sangat bersyukur dengan diadakannya program pipanisasi ini diwilayah kami, semoga pipanisasi nanti bisa mengairi seluruh RT yang ada di RW ini.”  (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index