HEBAT...Saat Tali Bendera Putus, Camat dan Tentara Kalang Kabut, Siswa SMP Malah Jadi Pahlawan, Begini Ceritanya

HEBAT...Saat Tali Bendera Putus, Camat dan Tentara Kalang Kabut, Siswa SMP Malah Jadi Pahlawan, Begini Ceritanya
Upacara bendera di Atambua

RIAUSKY.COM - Sebuah video tentang aksi berani seorang anak di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur ,membuat netizen terharu.

Aksi mendebarkan seorang siswa SMP berbadan kecil mendapat respon dari netizen dan menjadi viral.

Dalam video yang dibagikan Ika Silalahi di grup Facebook Pos Lintas Batas Indonesia Timor Leste, Jumat (17/8/2018), nampak seorang anak kecil menyelamatkan prosesi upacara bendera.

“Jangan pernah anggap dirimu kecil dan tidak berguna. Anak kecil dari Atambua ini memanjat tiang bendera untuk mengambil bagian tali yang terlepas saat bendera dibentangkan.

Apapun yang terjadi Merah Putih harus tetap berkibar!! Dirgahayu negeriku,” tulisnya.

Upacara di batas negara sempat kacau karena tali bendera putus sebelum sampai di puncak tiang.

"Camat sudah kalang kabut dengan tentara dan polisi. Akhirnya ini anak kecil langsung lari keluar dari barisan menuju tiang bendera dan panjat dan turunkan tali. Akhirnya kami bisa kibarkan bendera," tulisnya.

Anak kecil yang mengenakan seragam SMP ini langsung memanjat tiang bendera saat paskibra kesulitan mengerek bendera.

Rupaya ada kemacetan di bagian paling atas tiang.

Selanjutnya, pemandangan mendebarkan pun disaksikan oleh ratusan peserta upacara.

Remaja yang belum diketahui namanya ini pun perlahan-lahan memanjat tiang tinggi itu.

Sebelum mencapai puncak, ia sempat dua kali berhenti seperti hendak menguatkan dirinya.

Namun, secara keseluruhan, ia hanya membutuhkan waktu tidak sampai satu menit untuk mencapai puncak tiang dan membereskan masalah.

Saat hendak turun, peserta upacara pun bersorak dan bertepuk tangan.

Para aparat telah menunggu di bawah untuk membantu anak kecil itu.

Sebagai penghormatan, ia pun diundang oleh pejabat setempat untuk maju ke panggung dan berdiri selama pejabat itu berpidato.

Video ini mendapat apresiasi dari netizen. Hanya dalam tiga jam, video ini telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali.

Beberapa orang bahkan mengaku terharu.

Eppi Simbolon:  Merinding sampai meneteskan airmata. Hebat kamu dik. Sehat dan belajar baik2 ya. Merdeka...

Purida Sitanggang: Pahlawan cilik, pahlawan hebat.

Siwen Karyani: Luar biasa....itu yg namanya saling melengkapi.yang kecil pun sangat berarti....hebat....jd nangis terharu liat ini....

Ichall Chaly: Merinding jiwa raga.....adik kk hormat dan salut pdmu..... smua itu demi merah putih kita mau berkibar. Adik smagat truss untuk indonesia. Merdeka...

Fitri Wiyanti Infanto: Sampai netes ini air mata..

Dilansir kompas.com, peristiwa ini terjadi saat upacara bendera tersebut berlangsung di Pantai Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bocah tersebut diketahui bernama Yohanes Andigala, pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan.

Yohanes memanjat tiang bendera itu setelah tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera.

"Ya memang benar pelajar SMP tadi memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang terlepas. Namanya anak itu Yohanes. Tadi saat upacara, saya yang menjadi inspektur upacara," kata Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, saat dihubungi Kompas.com pada Jumat siang.

Atas aksi heroik Yohanes, lanjut Luan, setelah upacara bendera selesai dia pun memanggil Yohanes untuk berdiri di atas podium di sampingnya.

"Saya bangga dengan perjuangan dia (Yohanes) memanjat tiang bendera. Saya katakan ke dia bahwa perjuangan para pahlawan dulu untuk memperjuangan negara ini begitu besar," tuturnya.

Luan pun mengapresiasi tindakan Yohanes dan berencana akan memberikan hadiah untuk Yohanes.

Menurut Luan, terlepasnya tadi bendera tersebut, akibat kesalahan salah seorang anggota Paskibraka yang salah memasuki tali pada bendera tersebut.

Pada saat tali terlepas, dua anggota Paskibraka tetap mengibarkan bendera dan para peserta tetap memberikan penghormatan dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya".

Setelah tali yang tersangkut di ujung tiang bendera berhasil dilepas oleh Yohanes, bendera kemudian berhasil dipasang kembali.

Bendera lalu dikibarkan oleh tiga orang anggota paskibraka, tanpa menyanyikan lagu "Indonesia Raya".

"Anak ini bagi saya adalah pahlawan kita hari ini, karena telah menyelamatkan keadaan," ucapnya.

Dalam upacara itu kata Luan, para peserta berasal dari Kementerian Luar Negeri, TNI, Kepolisian, Pemda Belu, Kecamatan dan para pelajar di Kecamatan Tasifeto Timur.

Sempat terdengar ada permintaan melalui pengeras suara agar Yohanes segera turun. Namun, Yohanes tetap memanjat, hingga akhirnya tiba di puncak dan berhasil membawa turun ujung tali.

Saat berada di ujung tiang bendera, terdengar tepuk tangan riuh dari para peserta upacara. Begitu juga ketika Yohanes turun dari tiang bendera, terdengar tepuk tangan yang meriah. (R01)

Listrik Indonesia

#Berita Unik # serba serbi

Index

Berita Lainnya

Index