Pertamina TBBM Sei Siak Kembangkan Usaha Budidaya Lele Masyarakat Menjadi Olahan Makanan

Pertamina TBBM Sei Siak Kembangkan Usaha Budidaya Lele Masyarakat Menjadi Olahan Makanan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pertamina TBBM Sei Siak mulai mengembangkan usaha budidaya lele masyarakat yang berada di kelurahan Tanjung RHU, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru menjadi olahan makanan.

Sebelumnya pada tahun 2017 Pertamina TBBM Sei Siak telah memberdayakan masyarakat di kelurahan Tanjung RHU dengan membentuk kelompok usaha budidaya lele.

Kelompok usaha budidaya lele merupakan program pendampingan individu dan kelompok budidaya lele yang berfokus pada produksi/penghasil daging lele dengan pendampingan usaha berupa motivasi bisnis kelompok sehingga mampu meningkatkan pengetahuan serta keterampilan membangun usaha.

Kini Pertamina TBBM Sei Siak mulai mengembangkan usaha masyarakat dengan membuat olahan makanan. Olahan makanan yang akan di produksi berupa nuget dan abon yang berbahan dasar ikan lele. Masyarakat akan dibekali dengan pelatihan pembuatan nuget dan abon berbahan dasar ikan lele.

Selain itu, masyarakat juga di berikan pelatihan berwirausaha, pengelolaan usaha, jejaring bisnis, dan pemasaran produk. Diharapkan setelah di beri bekal berupa Pelatihan- pelatihan tersebut, akan terbentuk UMKM sebagai sarana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga masyarakat bisa mandiri.

"Alhamdulillah terimakasih kami ucapkan kepada PT. Pertamina yang telah membantu kami, dengan adanya program ini kami sangat terbantu, karna bukan hanya sekedar bantuan modal usaha yang kami dapatkan, tetapi kami juga mendapat pengetahuan, keterampilan dan juga diberikan pendampingan selama usaha kami berjalan. Semoga usaha yang kami jalankan dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang kedepannya," ucap Ibu Loly Juita Marlina Siregar, Penerima Manfaat Program. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index