MENYERAMKAN...Warga Rekam Penampakan Hantu Kuyang, Ada nih Videonya

MENYERAMKAN...Warga Rekam Penampakan Hantu Kuyang, Ada nih Videonya
Warga merekam penampakan hantu Kuyang di Balikpapan

RIAUSKY.COM - Warga Gunung 4, Balikpapan, Kalimantan Timur, dihebohkan dengan isu penampakan hantu kuyang di sebuah rumah di dekat SMA 8. Mereka pun berbondong-bondong mendatangi rumah itu untuk melihat wujud hantu kuyang.

Salah satu warga bernama Rusman mengatakan, kabar penampakan hantu kuyang itu sudah tersebar sejak lima hari lalu.

Awalnya tersebar kabar ada warga yang melihat hantu kuyang terbang di kegelapan malam.

“Heboh, Mas. Ada yang bilang wujudnya cuma kepala dan isi perut teburai. Saya, sih, belum lihat langsung juga. Namun, orang-orang sini pada ramai ngomongin kuyang. Kalau muncul, mau ditangkap ramai-ramai,” kata Rusman sebagaimana dilansir laman Prokal, Kamis (20/9).

Kabar kemuculan hantu kuyang itu membuat warga melakukan ronda secara beramai-ramai mulai pukul 22:00 hingga 02:00 Wita.

Mereka juga menjaga sebuah rumah karena penghuninya sedang hamil. Bahkan, warga juga memadati sebuah rumah yang berada di RT 14 Kelurahan Margo Mulyo.

Menurut warga, hantu kuyang itu muncul dan hilang ke arah rumah tersebut.

Dalam rekaman video yang tersebar di media sosial (medsos), beberapa warga berada di bangunan atas rumah berwarna pink.

Warga menerangi rumah tersebut menggunakan senter. Ada juga yang berteriak seolah melihat penampakan hantu kuyang.

Kabar itu tidak hanya didengar warga sekitar Gunung 4. Warga dari Gunung Pipa, Telindung, Kampung Baru, Kebun Sayur, dan daerah lainnya juga mendatangi rumah itu.

Mereka ingin melihat dan menyaksikan langsung kebenaran sosok hantu kuyang tersebut.

“Aku lihat video hantu kuyang Gunung 4 di medsos, Mas. Orang-orang pada heboh. Makanya aku ke sini mau lihat juga,” kata Fajar (23), warga Baru Ulu.

Sementara itu, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol I Putu Yasa langsung mengerahkan anggotanya beserta personel dari Polres Balikpapan ke lokasi.

“Kami melakukan pengamanan di lokasi karena warga berbondong bondong datang ke lokasi. Ini untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan,” kata Putu.

Apa itu hantu kuyang?

Dilansir dari Wikipedia, kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan.

Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Pada siang hari, seorang kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, namun biasanya ia mengenakan pakaian jubah.

Pada malam hari kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar.

Untuk menghadapinya korban perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan. (R01)

Listrik Indonesia

#Hantu Kuyang

Index

Berita Lainnya

Index