Harimau Betina Mati di Kuansing, Polisi Tangkap Pemilik 50 Jeratan Babi

Harimau Betina Mati di Kuansing, Polisi Tangkap Pemilik 50 Jeratan Babi
Tim medis satwa BBKSDA Riau melakukan Nekropsi atau bedah terhadap bangkai harimau sumatera yang mati akibat

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Polisi menangkap seorang warga berinisial ES yang diduga bertanggungjawab atas tewasnya seekor Harimau Sumatera. Harimau itu ditemukan tewas mati terjerat dalam kondisi hamil di Muara Lembu, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

"Dari pemeriksaan kepada beberapa saksi, ES mengaku memasang jerat," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo melalui pesan singkat, Kamis, 27 September 2018.

Berdasarkan hasil keterangan ES, kata Dedi, dia mengaku jerat yang dipasang bukan untuk menjerat harimau. Melainkan untuk menjerat babi hutan yang sering merusak ladang ES. Akhirnya, ES memutuskan memasang sebanyak 50 jerat di sekeliling ladangnya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan Harimau Sumatera ini ditemukan tewas terjerat kabel sling yang dipasang warga untuk menjerat hama babi. Warga yang melihatnya lantas melaporkan kepada petugas BBKSDA Riau.

Awalnya, saat dilaporkan masyarakat, tim tidak menemukan harimau tersebut di lokasi yang disampaikan warga. Setelah pencarian dilakukan, tim mendapati bangkai harimau Sumatera menggantung di pinggir jurang dengan tali jerat membelit pinggangnya.

Diperkirakan harimau tersebut berhasil meloloskan diri dari jerat, namun tali jerat tersangkut di semak belukar, dan membelit pinggangnya sehingga menggantung di tepi jurang. Suharyono menduga harimau sempat berupaya melepaskan diri, dan ini menyebabkannya semakin terbelit kuat oleh sling kabel.

"Tim kemudian membebaskan dan mengevakuasi harimau Sumatera betina ini," kata Suharyono seperti dilansir Tempo.

Dari lokasi awal Harimau Sumatera ini terperangkap jeratan ke tepi jurang tempat dia ditemukan mati, jaraknya sekitar 100 meter. Tim BBKSDA Riau lantas mengevakuasi bangkai harimau ke Pekanbaru guna proses nekropsi.

Dari hasil otopsi, pihak berwenang memastikan bayi yang dikandungnya tidak dapat diselamatkan. Padahal, struktur tubuh bayi Harimau Sumatera tersebut sudah lengkap dan siap dilahirkan dalam waktu dekat.

"Hasil nekropsi sudah diketahui, harimau dalam kondisi hamil. Ada dua anak, jenis kelaminnya jantan dan betina. Struktur tubuhnya sudah lengkap. Kukunya ada lima, giginya, sudah siap untuk menyusui," kata Suharyono.

Saat ini, ES masih menjalani pemeriksaan. "Kalau terbukti ada tindak pidana langsung dari hasil gelar perkara bersama dan keterangan dari saksi ahli, yang bersangkutan akan ditingkatkan statusnya menjadi tersangka," kata Dedi. (R12)

Listrik Indonesia

#Karyawati Tewas Dimangsa Harimau

Index

Berita Lainnya

Index