Tak Berbahaya, BBKSDA Riau Identifikasi kalau Buaya di Sungai Siak Adalah Sinyulong

Tak Berbahaya, BBKSDA Riau Identifikasi kalau Buaya di Sungai Siak Adalah Sinyulong

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Adanya informasi kemunculan buaya di Sungai Siak beberapa waktu lalu, BBKSDA Riau langsung menurunkan tim ke lapangan. Tim langsung dipimpin Kepala Seksi Wilayah BBKSDA Riau, P Hutajulu.

Dari hasil identifikasi di lapangan, P Hutajulu menyatakan bahwa berdasarkan data dan keterangan dari saksi yang melihat, buaya tersebut kemungkinan besar adalah jenis Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii).

"Jenis buaya ini cukup umum di Sungai Siak dan ikan merupakan jenis makanan utamanya," terang P Hutajulu.

Ia menambahkan, kehadiran petugas BBKSDA yang memberikan informasi dan sosialisasi tentang buaya sinyulong yang telah dilindungi UU ini, masyarakat mengatakan tidak terlalu khawatir lagi dengan kemunculan buaya ini. Buaya ini adalah sahabat nelayan, dan sangat jarang berkonflik dengan manusia.

Buaya jenis Senyulong ini memiliki keunikan tersendiri dan langka. Berbeda dengan buaya muara, buaya Senyulong memiliki moncong lebih sempit dan runcing.

Karakteristik warna kulitnya juga khas, berbeda dengan buaya muara yang selama ini lebih populer di masyarakat. Ukuran tubuh buaya Senyulong juga lebih kecil atau pendek. (R05/Mcr)

Listrik Indonesia

#Tewas Diterkam Buaya

Index

Berita Lainnya

Index