Bupati Rohil Bersama Plt Gubernur Riau Lakukan Panen Raya di Rimba Melintang

Bupati Rohil  Bersama Plt Gubernur Riau Lakukan Panen Raya di  Rimba Melintang
Bupati Rokan Hilir mendampingi Plt Gubernur Riau melaksanakan panen menggunakan traktor pertanian.

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim didampingi Bupati Rokan Hilir Suyatno  melaksanakan panen raya padi di Kepenghuluan Pematang Singkek, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa 25 September 2018.
 
Acara itu juga dihadiri Danrem 031 WB Brigjend TNI Sonny Aprianto, Bupati Rohil H. Suyatno, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf. Didik Efendi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Sekda Rohil Drs. H. Surya Arfan, M.Si, Para Kepala Dinas, Camat, Penghulu serta para petani.

Bupati Rokan Hilir Suyatno bersama jajaran Forkopimda foto bersama saat melakukan penyemaian

 
Pelaksanaan panen raya padi di areal seluas 304 hektare oleh Gubernur Riau, Danrem serta Bupati dilakukan secara simbolis dengan melakukan pemotongan padi dan dilanjutkan dengan pemanenan dengan menggunakan mesin.
 
Dalam sambutannya, Gubri mengatakan, pemerintah daerah cukup apresiatif dalam menjaga serta melestarikan persawahan dan keberhasilan para petani dalam penanaman padi hingga panen.

Wan Thamrin meminta masyarakat agar tidak mengalih fungsikan lahan persawahan yang telah ada saat ini. "Tolong dipertahankan dan jangan dialih fungsikan, karena hasil padi sangatlah menjanjikan," harapnya.
 
Dia menambahkan, lahan persawahan yang dialih fungsikan menjadi perkebunan sawit sudah cukup banyak. "Waktu masih saya menjabat Bupati Rohil, sepanjang jalan ke Bagansiapiapi itu lahan persawahan," jelasnya

Pada kesempatan sama, Danrem Sonny Aprianto, menyampaikan, pertanian merupakan salah satu sektor penting penopang perekonomian nasional, terlebih dalam mengatasi dampak krisis ekonomin yang sampai kini belum sepenuhnya pulih.
 

Bupati Rokan Hilir menggunakan mesin potong melakukan panen.

Namun demikian, realita yang kita hadapi saat ini sektor pertanian seakan jalan di tempat. penyebab nya tentunya kompleks, namun setidaknya faktor pemanasan global dan pergeseran orientasi mata pencaharian masyarakat telah menyumbang relatif banyak terhadap pudarnya semangat agraris masyarakat dan terganggunya produktivitas pangan.

"Kabupaten Rohil merupakan salah satu penyuplai produksi padi di wilayah provinsi Riau yang harus di pertahankan guna meningkatkan swasembada pangan di daerah. Untuk itu melalui panen raya padi seluas 304 hektar ini di harap dapat memenuhi kebutuhan sembako di Provinsi Riau khususnya Rohil serta dapat menggugah kembali gairah bertani masyarakat," jelasnya.(advertorial Pemkab Rohil)

Listrik Indonesia

#Advertorial Pemkab Rohil

Index

Berita Lainnya

Index