Dukung Mobil Listrik, PLN Riau Siapkan 31 Stasiun Pengisian Listrik Umum

Dukung Mobil Listrik, PLN Riau Siapkan 31 Stasiun Pengisian Listrik Umum
Mobil Listrik Tiba di Pekanbaru. ©2018 Merdeka.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) memberikan dukungan kepada mobil listrik dengan menyiapkan beberapa pengisian baterai di beberapa titik. 

Hal ini ketika mobil listrik buatan anak bangsa Blits dan Kasuari mengelilingi Indonesia serta karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Budi Luhur sampai ke Pekanbaru, Riau.

Tim Blits Explore Indonesia sampai ke Pekanbaru setelah menempuh perjalanan dari Provinsi Sumatera Barat dengan tantangan jalan mendaki dan menurun yang tajam. Di Pekanbaru, mobil yang disponsori PT PLN Persero ini singgah di Kantor Gubernur Riau jalan Jendral Sudirman.

Disana mobil jenis reli dakar dan off road ini diperkenalkan warga. Ratusan warga yang datang antisias dan ingin menjajal mobil ramah lingkungan. PLN di Riau sendiri siap mendukung program pemerintah untuk mobil ramah lingkungan. 

"Untuk mendukung mobil listrik karya anak bangsa, kita sudah membangun sebanyak 31 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU)," ucap GM PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepulauan Riau, M. Irwansyah Putra di Pekanbaru, Senin (10/12/2018) seperti dilansir Sindonews.com.

Pemimpin Tim Blits Explore Indonesia, Agus Mukhlisin menambahkan, bahwa dua mobil listrik tersebut sudah menempuh perjalanan selama 3.200 kilometer dengan rute awal di Surabaya. 

"Rencananya kita akan menguji mobil Blits dan Kauari dengan jarak tempuh 16.000 kilometer. Usai di Riau kita akan melanjutkan perjalanan ke Sumatera Utara hingga Aceh," ucap Agus.

Blits memiliki daya baterai sebesar 85 Kwh. Mobil ini bisa menempuh jarak hingga 350 kilometer dengan kecepatan maksimal 140 KM/jam. Sedangkan, mobil Kasuari memiliki daya baterai 35 Kwh yang mampu menempuh jarak 150 kilometer dengan kecepatan maksimal 140 KM/jam.

"Waktu sampai di Palembang kita sempat mengalami kendala yakni pada transmisi karena ada banjir. Namun secara keseluruhan mobil ini sangat aman akselarasi juga sangat gesit. Jika nantinya sudah teruji tentu kita berinovasi bisa menjadi mobil city car maupun SUV dan MPV," imbuhnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index